Cermati Sarana Dan Prasarana Pembesaran Scallops Muda Agar Berhasil, Metoda Hokkaido

oleh -

Magang di industri merupakan salah satu pilihan dari 8 pilihan “Merdeka Belajar” yang dicanangkan oleh Bapak Nabiel Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kesempatan ini tidak di sia-siakan oleh mahasiswa Program Studi Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, manakala ada tawaran magang dari industri perikanan dari Negeri Jepang, khususnya Pulau Hokkaido.

Direncanakan pada bulan Maret 2021, sebanyak 23 mahasiswa akan melakukan magang selama 1 atau 2 semester. Kegiatan magang  di industri adalah tahapan penting sebagai wujud penerapan teori yang telah dipelajari di kampus dan aplikasi teori tersebut di lapangan, selain itu mahasiswa dapat menyerap ilmu di industri perikanan.

Ada berbagai hal yang menjadi objek industri budidaya ikan di Jepang, yakni budidaya ikan laut dan kerang-kerangan, namun yang sangat produktif karena kualitas airnya sangat cocok adalah budidaya scallops (Amusium Pleuronectes).

Tulisan ini merupakan tulisan serial ke-7, yakni sarana dan prasarana budidaya pembesaran kerang scallops muda di Jepang khususnya di Pulau Hokkaido.

Pembesaran  kerang scallops muda ukuran 6 cm sampai ukuran 12 cm. 

Dalam tulisan serial ke-6 disebutkan bahwa proses pembenihan dilakukan sampai ukuran scallops muda sebesar 6 cm, saat scallops muda yang dibudidaya di laut mencapai ukuran tersebut, maka diangkat/dipanen dari laut menggunakan crane (Gambar 1).

Gambar 1.  Scallops Muda Ukuran 6 Cm Diangkat Dari Laut Menggunakan Crane

Setelah cago diangkat, maka langsung dibuka dan kerang scallops muda di treatment agar siap di budidayakan lagi.  Hal ini dilakukan di kapal (gambar 2 dan 3), maupun di pabrik (gambar 4).  Apabila kapalnya cukup besar dan memiliki berbagai alat untuk treatment maka hal ini dilakukan di kapal.

Gambar 2.  Apabila Kapal Cukup Besar Dan Tersedia Alat Yang Lengkap, Maka Persiapan Untuk Berbudidaya Kerang Muda Dapat Dilakukan

Gambar 3.  Terdapat Ban Berjalan Skala Kecil Untuk Memudahkan Perpindahan Kerang Scallops Muda Untuk Penyortiran

Kerang scallops muda ukuran 6 cm, dicuci dengan air bersih, diseleksi yang sehat, bentuk dan warna normal dan bebas organisma penempel (Gambar 4 dan 5). Perhatikan alat-alat yang digunakan pada proses ini, ada yang menggunakan mesin tapi ada juga yang manual dilakukan dengan tangan secara langsung.

Gambar 4.  Kerang Scallops Muda Ukuran 6 Cm, Dicuci Dengan Air Bersih

Gambar 5.  Seleksi Ukuran Kerang Scallops Muda Yang Berukuran 6 Cm Ke Atas, Secara Manual

Kegiatan selanjutnya adalah “Mimizuri“, yaitu membuat lubang ditelinga kerang muda dengan mesin dan memasangnya di pin/paku yang terpasang pada tali plastic (Gambar 6). Jika Anda tidak membuat lubang pada tempat yang benar, kerang tidak akan bisa berolahraga dengan baik di laut, atau kerang akan jatuh dan mati.

Gambar 6. Pin Atau Paku Yang Terpasang Pada Tali Plastic Dimana Scallops Muda Dipasang

Kegiatan mimizuri bisa dilakukan dengan full mesin ataupun sebagian manual, karena mesin ini harganya cukup mahal (Gambar 7 dan 8) sehingga tidak semua pembudidaya memiliki mesin ini.

Gambar 7.  Proses Mimizuri Menggunakan Full Mesin

Gambar 8.  Proses Mimizuri Menggunakan Gabungan Mesin Dan Tangan

Hasil akhir proses mimizuri adalah rangkaian kerang scallops muda yang terhubung tali plastic yang berukuran cukup panjang (Gambar 9).

Gambar 9.  Hasil Akhir Proses Mimizuri

Rangkaian sekitar 250 kerang muda menggunakan tali yang masing-masing berukuran 15 meter (Gambar 10). Saat menggunakan mesin, dibutuhkan waktu 5 hingga 6 menit untuk melewati paku melalui satu tali, dan pekerjaan manual harus dilakukan dengan kecepatan yang serupa dengan ini. Kerang muda yang diangkat untuk proses mimizuri rentan terhadap perubahan suhu dan cepat menjadi rusak. Mimizuri membutuhkan kecepatan dan ketepatan dan pekerjaan, Mimizuri harus dilakukan sambil merendam kerang muda di dalam air dingin, dan tali yang sudah jadi harus segera dikembalikan ke air dingin. Upaya ini dilakukan agar kerang muda tidak menjadi stress dan mati. Setelah berukuran 12 cm ke atas maka kerang scallops bias dipanen dan dipasarkan.

Gambar 10.  Kerang Muda Menggunakan Tali Berukuran 15 Meter

Demikian tahapan pembesaran scallops muda ukuran 6 cm sampai 12 cm yang biasa dilakukan di industri budidaya scallops di Pulau Hokkaido, harapannya tulisan ini dapat menjadi bekal para mahasiswa yang akan melakukan magang di industri budidaya scallops, agar lancar dan sukses.

******

Penulis : Rita Rostika

Dosen Prodi Perikanan Pangandaran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran

Comments

comments