Warga Desa Sindangpakuon Sambut Pembangunan Sarana TPS3R Citarum Harum

oleh -
Warga Desa Sindangpakuon Sambut Pembangunan Sarana TPS3R Citarum Harum
Ketua KSM Sindang Jaya Mekar, Wawan, bersama TFL PUPR dan anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 di lokasi pembangunan sarana TPS3R Citarum Harum , Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG,- Percepatan program Citarum Harum pada tahun 2021 ini, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, mendapatkan fasilitas pembangunan satu paket sarana TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle).

Hal tersebut mendapat sambutan baik dari Pemerintah Desa Sindangpakuon dan juga warga.

Alhamdulillah, terkait program ini masyarakat sangat antusias, baru seminggu kita melaksanakan (pembangunan) di lapangan,” kata Kepala Desa Sindangpakuon, Yudi Hamdansyah, S.Pd., Selasa (11/5/2021).

Yudi Hamdansyah, Kepala Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. [Foto: dok.istimewa]
“TPS3R yang sedang dibangun ini, sementara nantinya akan mengakomodir sampah dari warga di empat RW,” tambahnya.

Desa Sindangpakuon sendiri termasuk kawasan hulu DAS Citarum yang dilintasi oleh Sungai Ciburaleng dan Sungai Citarik.

Pembangunan sarana TPS3R Citarum Harum adalah salasatu program padat karya yang dilaksanakan oleh warga masyarakat melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat).

Alhamdulillah, pelaksanaan pembangunan TPS3R ini sekarang sudah mencapai kurang lebih 25 persen,” sebut Wawan, Ketua KSM Sindang Jaya Mekar saat diwawancarai di lokasi pembangunan, didampingi Anggi (TFL PUPR) dan anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang.

“Mudah-mudahan bisa rampung sesuai target,” harapnya.

Hadirnya sarana TPS3R ini diharapkan dapat menekan sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan atau dibakar.

“Ya, warga disini sampahnya ada yang dibakar atau dibuang ke TPS, dibuang ke pasar, atau dibuang ke sungai,” ungkap Wawan.

“Sekarang sudah ada program TPS3R, harapannya tentu bisa mengurangi dampak dari sampah yang dibuang sembarangan, agar lingkungan disini bisa lebih bersih dan asri,” harapnya.

Rencananya, TPS3R yang terbangun akan mengakomodir sampah warga di RW 04, RW 05, RW 06 dan RW 07.

Terkait pola pengelolaan sampah di lingkungan RW 07, tempat lokasi dibangunnya sarana TPS3R Citarum Harum, dijelaskan oleh Wawan yang juga selaku Ketua RW setempat, “Sampah selama ini sudah ada yang mengambil, lalu dibuang ke TPS dan dibakar. Ada juga yang punya pembakaran sendiri. Nah, padahal informasi yang saya dapat katanya menurut penelitian bahwa sampah itu sekitar 70 persen masih bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Wawan juga menjelaskan bahwa pihaknya sering ikut sosialisasi penanganan sampah kepada warga bersama pemerintah desa dan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang.

“Pada momen pertemuan dan silaturahmi dengan warga, saya juga suka menyampaikan agar warga tidak mengganggap sepele terkait sampah yang tidak dikelola dengan baik dan dibuang ke selokan atau sungai, apalagi sampah plastik. Karena sampah yang dibuang sembarangan bisa berpotensi mudharat bagi masyarakat lainnya,” ujar Wawan.

Kehadiran Satgas Citarum di wilayahnya juga diapresiasi oleh Wawan, karena sangat membantu bagi warga.

Alhamdulillah, kehadiran Satgas Citarum ini sangat membantu sekali kepada kami dan warga. Antara lain memotivasi warga dan edukasi tentang kebersihan lingkungan, termasuk kerja bhakti. Satgas sering turun langsung membantu,” pungkasnya.

[st]

Comments

comments