Antisipasi Pencemaran Limbah Industri, Satgas Citarum Sektor 21 Intensifkan Patroli Sungai Di Hari Libur Lebaran

oleh -
Antisipasi Pencemaran Limbah Industri, Satgas Citarum Sektor 21 Intensifkan Patroli Sungai Di Hari Libur

BANDUNG,- Meski sudah memasuki malam takbiran menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1442 H, tidak membuat anggota Satgas Citarum Sektor 21 lengah dalam mengantisipasi potensi pencemaran sungai dari limbah industri yang dibuang oleh perusahaan yang belum disiplin.

“Kami tidak mau kecolongan, meski pabrik sedang libur produksi. Sesuai perintah dari Dansektor 21 kami akan tetap bersikap antisipatif, jangan sampai ada industri yang membuang limbah kotornya ke aliran sungai yang akibatnya bisa berbahaya bagi lingkungan dan mengganggu kenyamanan masyarakat,” terang anggota Satgas Citarum Sektor 21 saat melaksanakan giat patroli, Kamis (13/5/2021) dinihari.

Hampir seluruh aliran sungai yang berada di wilayah tugas Sektor 21 Satgas Citarum yang berpotensi tercemar limbah industri dilakukan patroli dengan waktu yang tentatif.

Seperti yang pernah terjadi pada awal program Citarum Harum, Satgas menemukan ada perusahaan yang membuang limbah kotornya disaat hari libur dengan berbagai alasan.

Alhamdulillah, patroli yang kami laksanakan saat ini, aliran sungai kondisinya normal, tidak berwarna, dan tidak berbau bahan kimia industri,” ungkapnya.

Selain melaksanakan kegiatan patroli, anggota Satgas Citarum Sektor 21 juga kerap menindaklanjuti laporan yang berasal dari masyarakat.

“Dalam mewujudkan cita-cita Citarum Harum, dengan personel yang terbatas tentunya kami bekerja dengan masyarakat. Kini masyarakat juga semakin meningkat partisipasinya, terutama dalam memberikan laporan kepada kami terkait dengan kondisi aliran sungai,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin pada kesempatan beberapa waktu lalu.

“Kita harapkan bersama pelaku usaha atau perusahaan komitmen mendukung program pemerintah dalam menyukseskan Citarum Harum dengan tidak membuang limbah berbahaya, baik limbah cair maupun limbah berbahaya lainnya ke sungai agar ekosistem kembali bertumbuh,” tekan Dansektor 21 terkait dengan kegiatan patroli sungai yang konsisten dilaksanakan pihaknya.

Comments

comments