Aksi Heroik Serka Erik Viral, Kolonel Yusep : Bagi TNI Jangankan Menyelam Masuk Got, Nyawa Pun Kami Berikan

oleh -
Aksi Heroik Serka Erik Viral, Kolonel Yusep : Bagi TNI Jangankan Menyelam Masuk Got, Nyawa Pun Kami Berikan
Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat memberikan penghargaan kepada Serka Erik yang aksi heroiknya menyelam ke saluran air (got) untuk mengangkat sampah mendapat perhatian luas dari masyarakat, Rabu (28/10/2020).

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Momentum Hari Sumpah Pemuda, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat memberikan penghargaan kepada Serka Eri Krisyana atau yang akrab disapa Serka Erik atas aksi heroiknya menyelam ke got untuk mengangkat sampah yang menyumbat aliran air yang membuat jalanan ramai lalulintas di Parakan Muncang, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, tergenang pada beberapa hari lalu.

Sampah yang diangkat pun bukan sedikit, namun hingga mencapai sekitar 5 kwintal.

Penyerahan penghargaan oleh Dansektor 21 tersebut di Posko Utama Sektor 21 Satgas Citarum, Cimahi, turut dihadiri oleh para Komandan Subsektor sekaligus penyampaian antara lain perintah bagi jajaran TNI yang tergabung dalam Satgas Citarum dari Pangdam III/Siliwangi sehubungan dengan kondisi cuaca terkini memasuki musim penghujan terkait kewaspadaan dan mitigasi bencana alam.

Ditemui oleh wartawan usai kegiatan terkait dengan pemberian penghargaan terhadap Serka Erik tersebut, panjang lebar dijelaskan oleh Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Jadi, kemarin ada aksi kegiatan dari Dansubsektor 15 Sektor 21, Serka Erik bersama jajaran. Kegiatan yang dilakukannya adalah menyelam masuk ke gorong-gorong mengambil sampah. Sebetulnya itu adalah hal yang biasa dan sepele yang kebanyakan orang bisa melakukannya, cuma mungkin karena jarang orang yang mau melakukannya dan TNI dalam hal ini Subsektor 15 yang dikomando oleh Serka Erik melakukan itu, menjadi seperti luar biasa,” jelasnya.

Ditegaskan oleh Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Bagi TNI, jangankan menyelam dalam got, nyawa pun kami berikan untuk NKRI ini,” tegasnya.

“Masyarakat sekarang mungkin sedang mencari sosok heroik. Terlebih saat ini momentum Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, jadi lebih luar biasa,” tambahnya.

“Hari ini kita sudah memberi penghargaan kepada Serka Erik atas dedikasi dan kinerjanya yang luar biasa, untuk memacu kepada anggota yang lain untuk sama-sama berbuat untuk kepentingan masyarakat,” ucap Kolonel Inf Yusep.

Pada kesempatan wawancara itu, Dansektor 21 ini juga mengingatkan masyarakat akan kewajibannya untuk turut menjaga kebersihan.

“Masyarakat melihat sampah itu umumnya merasa jijik, padahal sampah itu ada karena aktifitas kita. Jadi, kewajiban kita semua untuk menjaga kebersihan,” tekannya.

“Jadi, imbauan kami kepada masyarakat, jika tidak bisa seperti yang dilakukan oleh Serka Erik atau kesempatan mengikuti kerja bhakti di lingkungan, tolong jangan membuang sampah sembarangan, itu saja sudah sangat membantu,” imbau Kolonel Inf Yusep.

Kolonel Inf Yusep lalu menerangkan lebih lanjut, “Artinya begini, kita yang tergabung dalam Satgas Citarum sesuai dengan Perpres No. 15 tahun 2018 sudah jelas mengamanatkan kepada TNI untuk mengembalikan ekosistem DAS Citarum. Ini tentunya harus dilakukan terus menerus oleh semua prajurit, bukan hanya Serka Erik saja, sarana prasarana dan dukungan masyarakat lainnya, semua harus bahu membahu,” terangnya.

Namun diingatkan oleh Kolonel Inf Yusep bahwa pada setiap kegiatannya wajib memperhatikan faktor keamanan.

“Tapi saya ingatkan bahwa faktor keamanan sangat penting. Jangan sampai kita konyol, masuk ke air yang deras lalu terbawa hanyut, itu tidak boleh terjadi. Sehingga tadi kita menyampaikan ke anggota untuk memperhatikan betul keamanan. Semua harus diantisipasi,” tandas Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

Kesempatan wawancara terpisah, Serka Erik didampingi Serda Kani Suherman dan Kopda Irawan menanggapi pemberian penghargaan kepada dirinya dari Dansektor 21 Satgas Citarum, Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Ya, saya khususnya dari Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang, mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kolonel Inf Yusep Sudrajat atas penghargaan yang telah diberikan kepada saya dan rekan-rekan dari Subsektor 15,” ucap Serka Erik.

Terkait dengan kegiatan yang dilaksanakannya dan viral, dijawab oleh Serka Erik, “Kami mengutamakan pelaksanakan tugas,” jawabnya, singkat.

Kemudian saat dimintakan imbauannya kepada warga masyarakat di wilayah tugasnya, dikatakan oleh Serka Erik, “Ya, kepada warga masyarakat kami ajak agar selalu menjaga sungai kita tetap bersih dari sampah, sesuai motto kita bersama, mari kita jaga alam kita, maka alam akan menjaga kita,” pungkas Serka Erik yang saat ini sedang giat membantu warga masyarakat dalam pembangunan sarana Sanimas (septictank komunal) dan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah – Reuse, Reduce, Recycle) yang berada di 5 kecamatan Kabupaten Sumedang. [St]

Comments

comments