Satgas Citarum Sektor 21 Sub 07 Bersihkan Tanaman Liar Di Bantaran Sungai Kampung Rancabungur

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 07 Bersihkan Tanaman Liar Di Bantaran Sungai Kampung Rancabungur

KAB. BANDUNG,- Babad tanaman liar di bantaran sungai, itulah salasatu kegiatan rutin yang dikerjakan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 07/Pameungpeuk bersama warga pelopor kebersihan dalam upaya menjaga kelestarian dan keindahan daerah aliran sungai, selain membersihkan sampah permukaan dan memastikan badan air terbebas dari limbah industri.

Seperti halnya yang dilaksanakan pada hari, Minggu (12/7/2020), anggota satgas bersama tim melakukan korve di bantaran Sungai Cisangkuy Kampung Rancabungur RT 02 RW 09, Desa Malakasari, Baleendah.

“Kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 07 melaksanakan giat pembabatan rumput, semak belukar, ilalang dan pembersihan sampah di bantaran Sungai Cisangkuy Kampung Rancabungur, Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah,” jelas Serka Ridwan.

Pada kegiatan korve tersebut, diungkapkan oleh Ridwan, panjang daerah aliran sungai yang dibersihkan sekitar 85 meter dan lebar 8 meter.

“Saat ini yang kami bersihkan kurang lebih sepanjang 85 meter dan lebar sekitar 8 meter,” ungkapnya.

Menurutnya, kebersihan di bantaran sungai sangat penting, salasatunya guna menghindari bantaran sungai yang penuh semak belukar dijadikan tempat pembuangan sampah liar oleh oknum warga.

“Ya, kita menghindari kondisi bantaran sungai kotor, sehingga perlu mendapat perhatian untuk dirawat agar meminimalisir potensi kotoran yang masuk ke badan air,” ujar Serka Ridwan.

Sektor 21 Subsektor 07 sendiri memiliki tanggung jawab tugas di sepanjang Sungai Cisangkuy beserta anak sungainya yang diantaranya berada di tiga kecamatan, yakni Banjaran, Pameungpeuk, dan Baleendah.

Comments

comments