Pangdam III Siliwangi Tinjau Sektor 8 Satgas Citarum, Tebar Ikan dan Penanaman Pohon Di Oxbow Mekarrahayu Kampung Mahmud

oleh -
Pangdam III Siliwangi Tinjau Sektor 8 Satgas Citarum, Tebar Ikan dan Penanaman Pohon Di Oxbow Mekarrahayu Kampung Mahmud
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menebar ikan di oxbow Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Selasa (15/12/2020).

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melaksanakan giat kunjungan ke wilayah Sektor 8 Satgas Citarum dan berkesempatan menebar ikan serta penanaman bibit pohon di oxbow (Citarum lama) Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Selasa (15/12/2020).

Tiba sekitar pukul 13.30 WIB, Pangdam didampingi oleh pejabat utama Kodam III/Siliwangi, diterima dan disambut oleh Dansektor 8 Satgas Citarum Kolonel Inf Belyuni Herliansyah di Taman Citarum Harum yang berada di Kampung Daraulin, Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih.

Mendapat laporan singkat, kemudian Pangdam beserta rombongan meninjau wilayah Sungai Citarum di Sektor 8 menggunakan sepeda motor. Rute yang ditempuh adalah dari Taman Citarum Harum di Desa Nanjung, lalu berputar di Desa Cilampeni, selanjutnya ke oxbow Mekarrahayu di Kampung Mahmud untuk giat menebar ikan dan menanam bibit pohon di bantaran, kemudian kembali ke Taman Citarum Harum di Desa Nanjung.

Pangdam III/Siliwangi bersama Dansektor 8 Satgas Citarum serta para pejabat utama Kodam III/Siliwangi menebar ikan sebanyak kurang lebih 5 kwintal di oxbow Mekarrahayu yang terdiri dari ikan mas, ikan nila, ikan lele, dan ikan patin yang bertujuan untuk menumbuhkan kembali ekosistem. Sedangkan secara simbolis ada sebanyak 10 bibit pohon yang ditanam di lokasi tersebut agar kondisi daerah aliran sungai terawat kelestariannya dan meminimalisir longsor yang kedepannya bisa membawa manfaat bagi masyarakat disekitarnya.

Menariknya, Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan berkesempatan memancing ikan di kolam Taman Citarum Harum Desa Nanjung yang dibangun oleh Sektor 8 beberapa bulan lalu sebagai wahana sosialisasi dan hiburan bagi masyarakat.

Ditemui oleh awak media usai kegiatan, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto selaku Wadan Satgas Citarum Bidang Pengendalian Ekosistem menjelaskan, “Kegiatan hari ini saya melihat Sektor 8. Beberapa waktu yang lalu Dansektor 8 sudah melaporkan kepada saya apa yang sudah dibuat, dan saya melihat dari dekat yang telah dilaksanakan oleh Sektor 8, ternyata di pinggiran sungai sudah ditanami pohon-pohon keras, ditanami vertiver untuk meminimalisir longsor,” jelas Pangdam.

Menurut Pangdam, kondisi daerah aliran Sungai Citarum di Sektor 8 sudah tertata dengan rapi. Namun masih tampak ada sampah di badan air yang terbawa hanyut.

“Kondisi Sungai Citarum juga saya lihat sudah rapi, hanya ada sedikit sampah-sampah yang perlu untuk diatasi lagi,” pungkasnya.

Terpisah, Dansektor 8 Satgas Citarum Kolonel Inf Belyuni Herliansyah kepada awak media menjelaskan, “Kegiatan Pangdam hari ini adalah mengunjungi Sektor 8 untuk meninjau apa yang kita lakukan selama ini. Jadi, tadi saya sudah laporkan kondisi awal Citarum dan beliau melihat hasilnya ternyata berbeda jauh dibandingkan pada 2,5 tahun lalu,” ucapnya.

“Kita harapkan kesadaran masyarakat terus meningkat untuk mengelola sampah dan tentunya dorongan pemerintah daerah dan pemerintah desa agar lingkungan dapat terjaga kebersihannya,” kata Kolonel Inf Belyuni Herliansyah.

[st]

Comments

comments