Dansektor 9 Satgas Citarum Kolonel Raflan Bakal Sulap Lahan Penuh Sampah Jadi Taman Wisata Di Desa Galanggang Batujajar

oleh -
Dansektor 9 Satgas Citarum Kolonel Raflan Bakal Sulap Lahan Penuh Sampah Jadi Taman Wisata Di Desa Galanggang Batujajar

KAB. BANDUNG BARAT, sorotindonesia.com,- Kolonel Czi Raflan pada satu bulan awal tugasnya selaku Komandan Sektor 9 Satgas Citarum Harum, langsung ngabret dengan beberapa pembenahan yang dilakukan pada pelaksanaan rencana aksi membenahi daerah aliran sungai.

Satu diantaranya adalah menyulap lahan seluas kurang lebih dua hektar di sisi Sungai Citarum, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, yang tadinya dikenal sebagai tempat lautan sampah menjadi Posko Sektor 9 Satgas Citarum yang disekelilingnya akan dilengkapi fasilitas taman, kolam ikan yang bisa digunakan untuk pemancingan umum, tempat ibadah serta sarana berolahraga ringan dan bersantai, juga area perkemahan.

Ini tampak saat awak media berkunjung ke bakal Taman Wisata Citarum Harum Sektor 9 tersebut di lokasi yang jaraknya kurang lebih 2 Km dari Pusdikpassus TNI AD Batujajar.

Penataan bantaran untuk kolam ikan.

Tanah yang ditata faktanya memang bercampur dengan sampah yang telah mengendap, utamanya sampah plastik. Namun penataan yang sedang dikerjakan mampu sedikit demi sedikit mengubah lahan milik Saguling (Indonesia Power) tersebut menjadi lebih rapi, ditambah bibit pohon yang telah ditanam.

“Awal penataan disini, kurang lebih sampah yang diangkat sebanyak 100 ton. Termasuk pengangkatan gulma dan eceng gondok,” kata Kolonel Raflan saat ditemui awak media usai kegiatan Sosialisasi Citarum Harum kepada warga Desa Galanggang yang turut dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat dan kepala desa beserta jajaran.

“Mudah-mudahan dalam satu bulan kedepan kawasan Posko Sektor 9 Satgas Citarum ini selesai,” tambahnya.

Sungai Citarum di Sektor 9 ini sendiri merupakan muara dari hulu dan hilir sebelum masuk ke inlet Waduk Saguling. Persoalan utama yang dihadapi salasatunya adalah sampah.

“Ya, untuk pembersihan dan penataan, saat ini kita dibantu 3 unit alat berat, satu diantaranya alat berat ponton long arm untuk mengangkat sedimentasi,” terang Kolonel Raflan.

Rencana bakal Taman Wisata Citarum Harum ini di Desa Galanggang, menurut Kolonel Raflan, adalah sebagai wujud peningkatan kawasan yang kedepannya diharapkan berdampak pada peningkatan ekonomi bagi masyarakat disekitarnya.

“Program Citarum Harum tentunya harus membawa manfaat pada peningkatan perekonomian masyarakat, selain tentunya peningkatan kesadaran dan kepedulian warga masyarakat terhadap kelestarian daerah aliran sungai,” ucapnya.

“Tempat ini tadinya banyak sampah dan bau, sehingga mengganggu kenyamanan masyarakat,” ujar Kolonel Raflan.

Hal tersebut juga sempat diungkapkan oleh salaseorang warga setempat, Deden, saat diwawancarai oleh kanal Human Social Official, “Sampah-sampah disini harusnya bersih agar terlihat bagus, jika air sedang surut, banyak sampah yang mengendap. Sampah ini dari mana-mana, apalagi kalau hujan,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Diakuinya bahwa anggota TNI Satgas Citarum kerap membersihkan sampah yang menumpuk di dasar dan bantaran sungai. Namun sampah tersebut kerap datang kembali.

“Satgas Citarum sudah sering membersihkan sampah disini,” ujar Deden.

[St]

Comments

comments