Kerukunan Esa Ne Paslaten Tonsea Minahasa di Jakarta Gelar Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

oleh -
Kerukunan Esa Ne Paslaten Tonsea Minahasa di Jakarta Gelar Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

JAKARTA – Kerukunan Esa Ne Paslaten, Tonsea Minahasa di Jakarta, gelar Ibadah Oikumene Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang dilaksanakan di Aula Gereja Santo Fransiskus Xaverius, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Ibadah Natal yang dipimpin oleh Ibu Pendeta Verra Alow yang mengangkat tema Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi dan sub tema Peliharalah Kasih Persaudaraan Torang Samua ini, diikuti oleh warga komunitas kawanua dan dihadiri oleh para tokoh Tonsea, diantaranya Ketua Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Irjen Pol Purn Dr Ronny F. Sompie, S.H.,M.H.

Ibadah Natal bersama ini diadakan sebagai wadah menjalin keakraban dan persaudaraan sesama warga Tonsea Paslaten Minahasa Utara di tanah rantau Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Ketua Kerukunan Esa Ne Paslaten, Rudy Ticoalu, pada sambutannya usai ibadah mengungkapkan sukacitanya atas acara yang dilaksanakan seraya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi, sehingga acara bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Ketua Kerukunan Esa Ne Paslaten Tonsea DKI Jakarta, Rudy Ticoalu.

“Saya mengajak semua warga Esa Ne Paslaten kembali kepada yang dikatakan oleh pelayan Firman malam hari ini tentang damai sejahtera,” ucapnya.

Kemudian ia mengisahkan bahwa kebiasaan sesepuh Esa Ne Paslaten yang dulu terbentuk sekitar tahun 1970-an, usai acara perkumpulan mengisinya dengan kegiatan bincang-bincang dan senda gurau sambil melakukan hal yang seharusnya dihindarkan, seperti bermain judi. Namun sekarang kebiasaan itu sudah tidak ada.

“Kalau habis acara perkumpulan, dorang pi main judi (mereka [tua tua] bermain judi), tapi sekarang so nyanda ada (sudah tidak ada). Semua sekarang tua ataupun muda ada di dalam Tuhan. Prinsipnya kita harus bangga, walaupun (Kerukunan Esa Ne Paslaten) sedikit, tapi akrab. Kita maleoleosan (terus berbuat kebaikan),” kata Rudy Ticoalu.

Sedangkan pada sambutannya, Irjen Pol Purn Dr Ronny F. Sompie, mengucapkan selamat atas penyelenggaraan ibadah Natal oikumene yang dilaksanakan oleh jajaran pengurus dan panitia Esa Ne Paslaten Tonsea ini dan berterimakasih atas undangan yang diberikan.

Irjen Pol Purn Dr Ronny F. Sompie saat menyampaikan sambutan di acara perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 Kerukunan Esa Ne Paslaten Tonsea di Jakarta.

“Kita bersyukur acara ini terlaksana dengan penuh sukacita dan kekeluargaan, dan saya mengucapkan terimakasih atas undangan dari pengurus dan panitia untuk dapat menghadiri acara ini,” ungkapnya.

Ronny Sompie juga dalam sambutannya menjelaskan sekilas terkait dengan organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) yang telah memiliki kepengurusan tunggal semenjak tahun 2022 dan mengajak warga Esa Ne Paslaten untuk turut berpartisipasi pada kegiatan yang dilaksanakan oleh KKK sebagai wadah warga Kawanua di perantauan.

“Kita bangga melihat kekompakan dari rukun Esa Ne Paslaten ini, termasuk dalam menghadiri ibadah ini. Selamat Natal dan Tahun Baru 2024,” tutup Ronny Sompie.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dan hiburan keluarga.*

Comments

comments