Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 Cicalengka, Pantau Progres Pembangunan Sarana Sanimas Dan TPS3R Di Desa Margaasih

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 Cicalengka, Pantau Progres Pembangunan Sarana Sanimas Dan TPS3R Di Desa Margaasih

CICALENGKA,- Personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16/Cicalengka melaksanakan giat pengecekan pembangunan sarana Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) SPALDT (Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat) atau septictank komunal Program Citarum Harum yang berada di Desa Margaasih, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Selasa (15/6/2021).

Pada kunjungannya ke pembangunan Sanimas SPALDT yang berlokasi di Kampung Garogol RT 01 RW 05 Desa Margaasih, tampak anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 berbaur dan membantu warga yang sedang melaksanakan pekerjaan serta berkoordinasi dengan TFL PUPR.

“Ya, kami melaksanakan kegiatan rutin pengecekan progress pembangunan Sanimas dan TPS3R Citarum Harum di wilayah tugas Subsektor 21-16,” sebut Serma Samsudin.

“Kami ingin memastikan kegiatan pembangunan berjalan dengan lancar hingga rampung sesuai target yang ada dan segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tambahnya.

Pembangunan sarana Sanimas dan TPS3R ini sendiri merupakan bagian program prioritas pemerintah saat ini untuk percepatan Citarum Harum dalam menekan pencemaran di lingkungan sungai dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Hadirnya sarana Sanimas di pemukiman warga ini, mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat setempat. Hal tersebut diantaranya dikatakan oleh Awan (45) bahwa Sanimas ini ada kemanfaatannya bagi meningkatkan kualitas kebersihan dan kesehatan masyarakat.

“Melihat dari segi kemanfaatan, Sanimas ini insya Allah sangat membantu,” kata Awan.

Diungkapkannya bahwa warga masyarakat sekitar yang kedepannya akan terkoneksi ke sarana Sanimas SPALDT tersebut, sebagiannya sudah memiliki septictank mandiri.

“Sebagian masyarakat disini sebagian sudah punya septictank sendiri, sebagiannya lagi belum dan masih membuangnya ke luar,” ungkapnya.

“Harapannya setelah Sanimas ini jadi, pembangunan kedepannya lebih bermanfaat sebagai bangunan penunjang untuk sarana lainnya,” pungkas Awan.

Kesempatan terpisah, Ujang Suryana (30), Sekertaris KSM Mitra Membangun Desa selaku pelaksana mengungkapkan, “Alhamdulillah, pembangunan Sanimas Citarum Harum ini disambut antusias oleh warga dan sejauh ini tidak ada kendala,” ucapnya didampingi oleh TFL PUPR, Novrian.

Dikatakan oleh Ujang Suryana  bahwa sarana Sanimas yang terbangun ini akan mengintegrasikan 78 sambungan rumah.

“Kapasitasnya ini nanti untuk 100 SR, dan saat ini akan mengintegrasikan 78 SR,” terangnya.

Ia pun mengaku sangat terbantu dengan adanya personel Satgas Citarum dan TFL yang mendampingi pekerjaan pembangunan yang dilaksanakan secara swadaya masyarakat ini.

Alhamdulillah, dengan adanya Satgas Citarum dan TFL, kami sangat terbantu,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya Sanimas ini, lingkungan menjadi semakin bersih, karena saat ini kan masih ada warga yang membuang limbah domestiknya atau tinja ke selokan dan sungai,” harap Ujang Suryana yang juga menjabat selaku kepala dusun.

Insya Allah Sanimas ini dua bulan kedepan pembangunannya sudah selesai,” pungkasnya.

Terpisah, menanggapi hadirnya Sanimas dan TPS3R Citarum Harum, disambut baik oleh Pemerintah Desa Margaasih. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Desa Margaasih Yayan Suryana melalui Sekertaris Desa, Ayi Sutisna saat ditemui pewarta di kantor.

“Kami dari pemerintah Desa Margaasih menyambut baik atas perhatian dan kepercayaan pemerintah di atas untuk alokasi pembangunan Sanimas dan TPS3R disini, harapannya adalah bisa meningkatkan kebersihan, kenyamanan dan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

“Fasilitas tersebut (Sanimas dan TPS3R) mudah-mudahan dapat juga bisa sebagai sarana edukasi juga meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” tambahnya.

Diterangkan oleh Ayi Sutisna lebih lanjut, saat ini Desa Margaasih Kecamatan Cicalengka dihuni oleh sekitar 2.868 KK yang terbagi menjadi 16 RW dan merupakan kawasan hulu anak Sungai Cibodas yang bermuara ke Sungai Citarik yang berujung di Sungai Citarum.

“Jumlah KK saat ini ada 2.868, terbagi menjadi 16 RW. Rencana dari pemerintah desa, fasilitas sarana TPS3R dan Sanimas ini tidak hanya di satu titik, karena masyarakat di wilayah Desa Margaasih ini kan terpencar, jadi harapan kami, kalau bisa, di tahun yang akan datang bisa ada penambahan 3 titik lagi untuk mengakomodir wilayah barat, timur dan utara,” tutupnya.

Sekertaris Desa Margaasih Kecamatan Cicalengka, Ayi Sutisna (kiri), bersama personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16.

Comments

comments