Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 Gelar Jumsih Dan Pasang Spanduk Imbauan Di Desa Mekarmaju Pasirjambu

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 Gelar Jumsih Dan Pasang Spanduk Imbauan Di Desa Mekarmaju Pasirjambu

KAB. BANDUNG – Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 menggelar kegiatan Jumsih (Jumat Bersih) bersama tokoh masyarakat dan warga di lingkungan Kampung Caringin RW 06, Desa Mekarmaju, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jumat (18/11/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dansubsektor 21-12 Serka Eri Krisyana yang diisi dengan gerakan pungut sampah yang berpotensi mengotori lingkungan, dilanjutkan dengan karya bhakti pemasangan spanduk imbauan di pusat pemukiman yang berisi pesan “Jaga Ibu Pertiwi Dengan Wujudkan Bersih, Rapi, Indah, Aman“.

Kampung Caringin sendiri adalah satu-satunya wilayah di Desa Mekarmaju yang dilintasi oleh aliran Sungai Ciwidey yang kondisinya alami dan masih dihiasi bebatuan sungai. Warga disinipun terbilang aktif menjaga kebersihan lingkungannya berkolaborasi dengan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12.

“Hari ini, Jumat tanggal 18 Nopember 2022, kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 melaksanakan karya bhakti bersama tokoh masyarakat dan warga di RW 06 Kampung Caringin, Desa Mekarmaju, Kecamatan Pasirjambu, sekaligus memasang spanduk imbauan,” jelas Serka Eri Krisyana.

Tampak pada kegiatan tersebut dihadiri antara lain oleh Kepala Kampung Caringin, Bapak Utar Tarsidi, Ketua RT 01 Bapak Dadang, dan Ketua RT 04 Bapak Aep serta warga.

“Harapannya, dengan beberapa kali kegiatan gotong royong secara fisik dalam hal pembersihan sampah, warga khususnya di Kampung Caringin ini akan semakin mencintai dan peduli terhadap kelestarian lingkungan. Minimal warga tidak membuang sampah sembarangan,” harap Serka Eri Krisyana terkait dengan pemasangan spanduk di daerah tersebut.

Spanduk Imbauan Efektif Tekan Adanya Sampah Liar

Usai kegiatan di Kampung Caringin, personel Satgas Citarum melanjutkan aktifitas rutin lainnya, yakni komunikasi sosial (komsos) bertemu langsung dengan warga untuk menyampaikan pesan Citarum Harum.

Menariknya, sejumlah lokasi yang awalnya menjadi tempat pembuangan sampah liar dan telah dibersihkan oleh Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12, kini kondisinya tetap bersih setelah dipasangi spanduk imbauan. Salasatunya lahan kosong pinggir Jalan Raya Soreang-Ciwidey di Kampung Cukanghaur RT 01 RW 02, Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang.

“Tumpukan sampah disini awalnya sampai ke jalan, sangat mengganggu pemandangan dan bau. Lalu ada bapak-bapak TNI dari Citarum Harum kesini dan mengangkat sampahnya sekitar bulan Juni kemarin, kemudian melarang sampah untuk dibuang kesini lagi,” kata Kang Pendi, warga asli Cukanghaur yang memiliki usaha warung tidak jauh dari lokasi.

“Alhamdulillah, sekarang tidak ada lagi warga sini yang berani buang sampah disini, tetapi malam-malam suka ada warga lain sambil lewat pakai motor coba buang sampah kesini, kita suka tegur,” ujarnya.

Menurut Kang Pendi, dengan pemasangan spanduk oleh TNI Satgas Citarum di bekas lokasi pembuangan sampah liar di Cukanghaur ini, cukup efektif.

“Spanduk ini sangat membantu, warga jadinya segan. Apalagi bapak-bapak TNI suka kontrol kesini,” pungkasnya.

Terkait dengan pemasangan spanduk imbauan yang tersebar khususnya di Kecamatan Soreang dan Kecamatan Pasirjambu, Serka Eri Krisyana menjelaskan bahwa itu sebagai bentuk komunikasi sosial kepada warga.

“Alhamdulillah, pemasangan spanduk di lokasi yang tadinya terjadi penumpukan sampah liar, sampai saat ini kondisinya tetap bersih. Mudah-mudahan warga sudah semakin meningkat kesadarannya untuk tidak membuang lagi sampah secara sembarangan yang bisa berakibat kenyamanan masyarakat terganggu serta lingkungan tercemar,” ucap Serka Eri Krisyana.

Spanduk imbauan ini juga, sambungnya, telah terpasang di sejumlah titik strategis di sekitar daerah aliran sungai, kawasan wisata, serta jalan raya.

“Sesuai arahan dari Dansektor 21 Satgas Citarum Bapak Kolonel Inf T Bayu Wahyu Murwanto, kami saat ini sedang menggencarkan untuk pemasangan spanduk imbauan. Sekarang terpasang di 14 titik dan nanti kita akan tambah dan sebar di wilayah lainnya,” pungkasnya.

 

Comments

comments