Satgas Citarum Sektor 21 Sub 17 Bongkar Pasak Bambu Di Aliran Sungai Cisungalah

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 17 Cabut Pasak Bambu Di Aliran Sungai Cisungalah

KAB. BANDUNG,- Guna mengantisipasi kelancaran aliran sungai, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 bersama warga pelopor kebersihan mencabut tanggul pasak bambu sederhana di aliran Sungai Cisungalah, anak Sungai Citarik, Desa Padamukti, Kecamatan Solokanjeruk.

Pasak bambu di badan air tersebut sengaja di pasang oleh warga untuk membagi air ke lahan pertanian di kala musim kemarau, termasuk karung berisi tanah. Namun di musim hujan, pasak bambu tersebut berpotensi membendung aliran sungai yang berakibat genangan di lahan pertanian, termasuk menahan sampah organik dan anorganik yang tertahan.

“Kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 bersama dengan warga pelopor membersihkan aliran Sungai Cisungalah Kampung Kancil RT 04 RW 07, Desa Padamukti, sekaligus membongkar cerucuk bambu agar tidak ada hambatan di aliran sungai,” kata Serma Agus Sumarna.

Dijelaskan oleh Serma Agus bahwa pasak bambu atau cerucuk tersebut adalah model sederhana pembagian air ke lahan pertanian pada musim kemarau.

“Saat musim kemarau, volume air sungai tidak banyak, sehingga dibuat cerucuk dan karung berisi tanah untuk membagi air ke lahan sawah. Tapi saat musim hujan bisa mengakibatkan banjir. Sehingga kami buka agar aliran sungai berjalan lancar,” jelasnya, Senin (18/1/2021).

“Hasil pembersihan sampah sendiri kurang lebih 50 kilogram,” tambahnya.

Usai korve dan isoma, anggota satgas melanjutkan kegiatan patroli sungai dan komunikasi sosial kepada warga yang tinggal disekitar daerah aliran sungai secara personal di untuk menyampaikan sosialisasi Citarum Harum.

Comments

comments