Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 Angkat 260 Kg Sampah Di Anak Sungai Cikendal

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 Angkat 260 Kg Sampah Di Anak Sungai Cikendal

CIMAHI,- Antisipasi kebersihan dan kelancaran aliran sungai, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan giat pengangkatan sampah di aliran anak Sungai Cikendal, Kampung Gempolsari, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Senin (22/2/2021).

Tampak sebelum dilaksanakan korve, timbulan sampah beragam jenis tersebut tertahan di jaring sampah.

“Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 Sub 13 bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan korve di salah satu lokasi anak Sungai Cikendal, tepatnya di RT 01 RW 35, Kampung Gempolsari, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan,” terang Serka Lilik Pudji Widodo.

“Panjang aliran sungai yang dibersihkan kurang lebih sepanjang 10 meter. Kita lihat sama-sama, jenis sampah yang diangkat didominasi oleh sampah plastik dan streoform kemasan makanan,” ucapnya.

Ia berharap dan mengajak warga masyarakat agar kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan lebih ditingkatkan.

“Sampah jangan dibuang ke sungai, kami harap sampah dibuang pada tempatnya atau dikelola sendiri yang sekiranya masih bisa dimanfaatkan. Karena bila mengotori sungai, banyak dampak kerugiannya,” imbau Seka Lilik.

Hasil korve itu sendiri, tidak kurang dari 260 kilogram sampah yang berhasil diangkat dan dikemas dalam karung untuk kemudian diangkut oleh dinas terkait dari Pemkot Cimahi.

Usai kegiatan tersebut, anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 sub -13 melaksanakan komsos secara door to door kepada warga masyarakat yang berada di RT 01 RW 35, Kampung Gempol Sari, Kelurahan Melong.

“Kita tidak bosan-bosan mengajak dan menghimbau agar warga turut berperan aktif untuk mengembalikan lagi kehidupan ekosistem yang berada di DAS Citarum dengan cara selalu menjaga kelestarian sungai supaya tetap bersih dan tidak boleh dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, karena akan berakibat sungai kotor bau dan mampet sehingga akan terjadi luapan air atau banjir pada saat hujan deras,” pungkasnya.

[st]

Comments

comments