Menjaga Ekosistem Dan Menambah Populasi Ikan, Pemkot Banjar Tebar Benih Ikan Di Obyek Wisata Situleutik

oleh -
Menjaga Ekosistem Dan Menambah Populasi Ikan, Pemkot Banjar Tebar Benih Ikan Di Obyek Wisata Situleutik

KOTA BANJAR, (SI) — Untuk mengantisipasi terjadinya ketidakseimbangan ekosistem akuatik di perairan umum serta menambah populasi ikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar menebar benih ikan di obyek wisata Situleutik, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (22/2/2021).

Kegiatan menebar benih ikan ini dilaksanakan saat kunjungan kerja Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih yang didampingi Wakil Walikota H Nana Suryana, Ketua DPRD Kota Banjar Dadang R Kalyubi, Kapolres Banjar Polda Jabar AKBP Melda Yanny, S.I.K, M.H, Dandim 0613/Ciamis yang diwakili Pabung.

Selain untuk menjaga ketidakseimbangan ekosistem akuatik dan menambah populasi ikan, kegiatan ini juga untuk membangun ketahanan pangan dan sumber perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

Jenis ikan yang ditebar yakni antara lain ikan patin sebanyak 100.000 ekor, ikan nilem 100.000 ekor dan ikan tawes 100.000 ekor.

Dalam Sambutannya, Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih menyampaikan agar penambahan populasi efektif dan efisien dilakukan pengaturan dan pembatasan penangkapan, setidaknya ikan yang baru ditebar diberi kesempatan untuk menjadi besar dan berkembang biak, hingga layak dikonsumsi.

“Jangan menangkap ikan menggunakan obat kimia, termasuk bahan peledak, aliran listrik dan alat lain yang merusak lingkungan perairan, penangkapan juga dilakukan dengan bijaksana, sehingga kelangsungan dan kelestarian ikan diperairan umum tetap terjaga”, ucapnya.

Menurutnya, ini salah satu wujud perhatian Pemerintah Kota Banjar bagi kelestarian alam dan peningkatan ekonomi masyarakat serta kemajuan di bidang perikanan, terlebih dengan potensi perikanan yang harus dioptimalkan dengan baik.

Kapolres Banjar menambahkan, dalam menghadapi Situasi Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kita harus tangguh dalam berbagai aspek.

“Salah satunya dalam bidang perikanan, seperti Instruki Presiden Republik Indonesia, kita harus tangguh terutama dalam bidang Pertanian dan Perikanan, Kita harus Tangguh menghadapi dan menangani Pandemi Covid-19 “, ucap Kapolres Banjar.

Kegiatan tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan dihadiri juga oleh Camat Banjar, Danramil 1313 Banjar, Kapolsek Banjar, Kepala Desa Cibeurum, Babinsa, Babinkamtibmas, Bina Desa Cibeureum, Kelompok pengawas, KTNA, HKTI, UPP Kota Banjar, masyarakat dan pegawai Distan.

Comments

comments