Satgas Citarum Sektor 21 Sub 12 Babad Tumpukan Sampah Di Desa Kutawaringin

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 12 Babad Tumpukan Sampah Di Desa Kutawaringin

KAB. BANDUNG – Sampah yang menumpuk hingga berpotensi berceceran ke jalan raya dan mencemari lingkungan di sekitarnya yang berlokasi di Desa Kutawaringin, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, menjadi sasaran karya bhakti personel Satgas Citarum Sektor 21 Sub 12 bersama warga pelopor kebersihan.

“Sampah yang menumpuk ini adalah tempat pembuangan sampah sementara warga yang dikelola oleh desa. Namun karena adanya keterbatasan, sehingga volumenya terus bertambah dan berpotensi mengganggu kenyamanan warga juga mencemari lingkungan. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan pihak desa setempat untuk mengangkat sampah disini untuk dibuang ke TPA Sarimukti sesuai arahan dari Dansektor 21 Satgas Citarum Bapak Kolonel Arh Wahyu Jiantono,” jelas Dansubsektor 21-12 Serka Eri Krisyana, (12/7/2022) lalu.

Untuk kegiatan ini sendiri, Dansektor 21 Satgas Citarum memberikan atensi langsung dengan menurunkan bantuan satu unit armada dumptruck.

Program Citarum Harum yang telah masuk tahun ke lima, masih menyisakan sejumlah persoalan terkait dengan sampah rumah tangga di banyak wilayah. Dengan meningkatnya kesadaran warga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke daerah aliran sungai, dampaknya lahan kosong atau sarana tempat pembuangan sampah sementara menjadi overload, ditambah dengan kini cuaca kerap turun hujan yang mengakibatkan sampah sulit untuk dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Terimakasih kepada warga masyarakat yang telah mengelola sampahnya dengan baik dan tidak mencemari lingkungan sungai. Harapan kami, sampah rumah tangga ini bisa lebih optimal dikelola sejak dari sumber. Salasatu cara bisa dengan dipilih dan dipilah dulu sebelum dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara, karena banyak sampah yang sebetulnya masih dapat dimanfaatkan,” harap Serka Eri Krisyana.

Berton-ton sampah di lokasi karbak tampak penuh dari mulai sisi jalan hingga ke bagian atas tanah kosong yang bertebing. Dan sudah dikerjakan untuk dibersihkan secara bertahap oleh personel Satgas Citarum bersama warga.

Comments

comments