Pembangunan Sarana TPS3R Citarum Harum Di Desa Tegalmanggung Sumedang Sudah 95 Persen

oleh -
Sarana TPS3R Citarum Harum Di Desa Tegalmanggung Sumedang Sudah 95 Persen

KAB. SUMEDANG, sorotindonesia.com,- Satu persatu fasilitas sarana TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle) program Citarum Harum PUPR di Kabupaten Sumedang sudah rampung dibangun. Seperti halnya yang berada di Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung.

Fisik bangunan sudah tampak berdiri rapih, warna interior dan eksterior dinding ruangan juga dicat menggunakan warna yang menarik. Tahapan yang sedang dilaksanakan adalah pembenahan untuk proses finishing.

“Pembangunan sarana TPS3R di Desa Tegalmanggung sekarang pembangunannya sudah mencapai 95 persen. Mungkin tinggal menunggu fasilitas mesin pengolah sampah, ” kata Serka Eri Krisyana, Dansub 15 Sektor 21 Satgas Citarum yang selalu mengawasi dan membantu masyarakat khususnya dalam pembangunan sarana TPS3R dan Sanimas SPALDT atau septictank komunal program Citarum Harum di Kabupaten Sumedang.

“Mudah-mudahan pembangunan TPS3R Citarum Harum khususnya di Desa Tegalmanggung ini tuntas agar segera dimanfaatkan oleh masyarakat guna mengurangi potensi sampah yang dibuang sembarangan yang berpotensi mengurangi kenyamanan warga dan pembuangan sampah ke saluran air atau sungai,” ucapnya.

Perapihan akses jalan masuk ke sarana TPS3R di Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, (26/11/2020).

“Harapannya tentu warga masyarakat sudah bisa memanfaatkan sampah rumah tangganya menjadi bernilai ekonomi dengan memilih dan memilah sampah yang dikirim ke TPS3R,” harap Serka Eri Krisyana.

Kesempatan tersebut, ia juga berharap bahwa kebiasaan mengelola sampah dengan baik mulai dari rumah ini bisa menjadi budaya untuk kelak diwariskan kepada anak cucu kita.

“Mari kita ajarkan mandiri sejak dini kepada anak cucu kita untuk memilah dan memilih sampah di rumah. Lingkungan yang bersih tentunya akan berimbas pada tingkat kenyamanan dan kesehatan warga masyarakat, kita sayangi dan jaga lingkungan kita terutama sungai agar bisa di manfaatkan airnya dan ekosistem yang ada di sungai,” pungkasnya.

Lokasi Program padat karya Sanimas dan TPS3R Citarum Harum yang berada di Kabupaten Sumedang, berada di 5 Kecamatan dan 14 Desa.

Comments

comments