Khasiat Telur Ayam Kampung Bagi Kesehatan

oleh -
khasiat telur ayam kampung bagi kesehatan manusia

Khasiat telur ayam kampung tidak jauh berbeda dari telur ayam ras. Telur ayam kampung banyak akan kandungan vitamin D, serta sanggup mengurangi resiko sakit jantung.

Pada saat memilah protein hewani yang ekonomis serta gampang diperoleh, Anda bisa jadi akan menjatuhkan opsi pada telur. Seperti yang kita ketahui ada 2 jenis telur yang dapat Anda temui, yaitu telur ayam kampung serta telur ayam ras ( telur biasa). Apa perbandingan kedua jenis telur ini?

Telur ayam kampung umumnya bercorak lebih putih dibandingkan telur ayam biasa yang bercorak kecokelatan. besarnya telur ayam kampung juga lebih kecil, tetapi harganya lebih mahal dibandingkan telur ayam ras.

Telur kampung dianggap lebih terjamin disantap dibanding telur yang lain. Isi nutrisinya pula ditaksir lebih besar alhasil khasiat telur ayam kampung digadang- gadang lebih banyak dibandingkan telur ayam ras. Benarkah begitu?

Kenyataan mengenai telur ayam kampung

Telur ayam kampung bukan berarti telur yang diperoleh dari ayam yang dipelihara di pedesaan. Ayam kampung bisa saja dikembakbiakkan di kota besar, hanya saja metode perawatan ayam itu tidak memanfaatkan kandang, melainkan dilepas di alam bebas.

Ayam kampung bebas mengonsumsi serangga, biji- bijian, ataupun tumbuhan yang berkembang di sekelilingnya. Pakan yang lebih natural ini diyakini membuat telur ayam kampung lebih bergizi dibandingkan telur ayam ras, serta lebih terjamin dikonsumsi sebab tidak diberi makan yang memiliki bahan kimia.

Riset yang dicoba oleh North Carolina State University, Amerika Serikat, juga mendapatkan kalau telur ayam kampung memanglah mempunyai kandungan lemak tidak jenuh( monosaturated serta polysaturated fat) lebih besar dibandingkan telur ayam ras. Begitu pula dengan isi omega- 3 pada telur ayam kampung lebih besar dibandingkan telur ayam ras( 0, 17% berbanding 0, 14%).

Walaupun begitu, kedua kategori telur ini sama- sama memiliki kolesterol yang tidak terpaut jauh, persisnya 163, 42 miligram atau 50 gr pada telur ayam kampung, serta 165, 38 miligram atau 50 gr pada telur ayam ras. Begitu pula vitamin A serta E yang terkandung pada telur ayam kampung ataupun ayam ras cenderung serupa saja.

Khasiat telur ayam kampung.

Setelah mengetahui kenyataan tentang telur di atas, bisa disimpulkan kalau kandungan vitamin pada telur ayam kampung ataupun ayam ras nyatanya tidak jauh berbeda. Berarti khasiat telur ayam kampung untuk kesehatan ternyata tidak jauh berbeda dibandingkan telur ayam ras.

Walaupun begitu, untuk Anda yang senang komsumsi telur ayam kampung, pasti tidak ada salahnya meneruskan pilihan itu. Selayaknya telur pada biasanya, khasiat telur ayam kampung untuk kesehatan juga amat banyak, selanjutnya antara lain:

  1. Kandungan vitamin D tinggi

Telur ayam kampung mempunyai kandungan vitamin D 2- 3 kali lebih besar dari telur ayam ras. Kandungan ini bagus untuk melindungi kesehatan tulang, gigi, saraf, serta otak.

  1. Menstabilkan kandungan kolesterol dalam darah

Khasiat telur ayam kampung yang satu ini berkaitan dengan kandungan asam omega- 3. Omega- 3 teruji sanggup merendahkan kandungan trigliserida, salah satu unsur jahat pada kolesterol dalam darah Anda.

Seperti diutarakan sebelumnya, telur ayam kampung memanglah mempunyai kandungan kolesterol tinggi serta jahat, tetapi tidak serta- merta menambah tingkat kolesterol keseluruhan pada tubuh Anda.

Kebalikannya, mengkonsumsi telur ayam kampung paling tidak 2 biji per hari selama 6 minggu bisa tingkatkan kadar kolesterol bagus di dalam badan alhasil kandungan kolesterol keseluruhan Anda jadi lebih normal.

  1. Merendahkan resiko penyakit jantung

Mengkonsumsi telur ayam kampung bisa mengganti struktur kolesterol jahat( LDL) di dalam tubuh. Pergantian bentuk ini sanggup meminimalisir mungkin terserang bermacam penyakit jantung.

  1. Telur ayam kampung menyehatkan mata

Telur ayam kampung pula memiliki antioksidan, yaitu lutein serta zeaxanthin. Kedua antioksidan ini bisa menyehatkan mata, terutama mencegah terbentuknya katarak serta penyakit mata degeneratif yang lain.

  1. Membuat massa otot

Telur ayam kampung adalah sumber protein yang sangat bagus serta teruji bisa menunjang tingkatkan massa otot. Khasiat telur ayam kampung ini datang dari kandungannya berbentuk asam amino esensial.

  1. Konsumsi telur ayam kampung menghindari kanker

Perlu diketahui, kuning telur ayam kampung mentah memiliki asam amino triptofan serta tripsin yang cukup berguna untuk tubuh. Tidak cuma itu, komsumsi bagian kuning telur ayam kampung juga berguna untuk menghindari resiko terbentuknya kanker.

  1. Menolong mengurangi berat badan

Kandungan protein yang besar pada telur ayam kampung pula bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk Anda yang tengah menempuh program diet, hal ini sangat menunjang sebab mengkonsumsi protein dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Label yang terdapat pada telur tidak menjamin kalau kedua telur ini bebas dari kuman, paling utama salmonella. Untuk mematikan organisme beresiko ini, yakinkan telur yang Anda konsumsi matang sempurna. Jauhi komsumsi telur ayam kampung mentah. Bila terdapat, salmonelladi dalam telur itu akan ikut masuk ke tubuh Anda.

  1. Banyak hendak isi beta karoten

Menurut suatu riset, telur ayam kampung banyak akan kandungan beta karoten. Beta karoten memang bukan merupakan nutrisi yang memberikan manfaat langsung buat tubuh. Tetapi, nutrisi ini akan dikonversi oleh badan jadi vitamin A.

Vitamin A berguna untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Menambah energi tubuh
  • Melindungi kesehatan mata
  • Kurangi resiko kanker
  • Melindungi kesehatan tulang
  • Menghindari jerawat
  • Melindungi sistem reproduksi

Hal yang perlu dicermati saat sebelum mengkonsumsi telur ayam kampung

Walaupun khasiat telur ayam kampung amat beraneka ragam buat kesehatan badan, beberapa hal butuh dicermati saat sebelum komsumsi. Telur ayam kampung yang dikonsumsi mentah ataupun setengah matang mungkin saja terinfeksi kuman. Kuman dapat masuk ke dalam telur lewat pori- pori yang terdapat di cangkangnya.

Tidak hanya itu, yakinkan Anda tidak mempunyai alergi kepada telur saat sebelum komsumsi. Tahap itu harus dicoba untuk menjauhi reaksi alergi yang bisa jadi timbul dampak mengkonsumsi telur ayam kampung.

Bila Anda mengalami mengalami reaksi alergi ataupun rasa sakit sehabis mengkonsumsi telur ayam kampung, segera berkonsultasi dengan dokter. Penanganan secepat mungkin bisa menghindari situasi yang Anda alami semakin kronis.

Comments

comments