Harmoni Membangun Negeri, Bela Negara Merawat Alam Di Masa Pandemi

oleh -
Talkshow bertemakan Bela Negara Merawat Alam di Masa Pandemi, dengan narasumber (ki-ka) Dr Eki Baihaki, Ngatiyana, dan Kolonel Inf Yusep Sudrajat, di Taman Kehati, Kota Cimahi, Sabtu (23/1/2021).

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat didaulat menjadi salasatu narasumber pada kegiatan talkshow bertemakan Bela Negara Merawat Alam Di Masa Pandemi yang diselenggarakan oleh TV Harmoni, Sabtu (23/1/2021).

Kegiatan tersebut diadakan di Posko Satgas Citarum Harum Sektor 21, Taman Kehati, Cipageran, Kota Cimahi.

Turut hadir sebagai narasumber antara lain Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana, dan Dr Eki Baihaki, Dosen Pasca Sarjana Universitas Pasundan selaku Ketua Duasatu Kehati Foundation, dipandu langsung oleh Dr Riva Rahayu, M.Ud ( TV Harmoni – ICMI Jabar).

Latar belakang gelaran talkshow tersebut dari ToR yang disampaikan, diantaranya krisis lingkungan adalah akibat dari krisis moral dan spiritual manusia, karena itu krisis lingkungan mencakup pula krisis manusia dan pandangan hidupnya Karena manusia adalah bagian terdepan dari lingkungan, maka krisis yang menimpa spiritual dan moral manusia adalah sesuatu yang sangat membahayakan. Krisis lingkungan adalah krisis yang multi dimensi, (Sardar, 1985).

Selanjutnya, salah satu ancaman bangsa dan negara saat ini yang menonjol adalah bencana alam dan bencana non alam berupa pandemic Covid-19. Maka dibutuhkan harmoni jiwa, komitmen dan aksi semua komponen strategis bangsa secara sinergis dalam merawat alam dan lingkungan.

Disamping itu, seturut Inpres 7 tahun 2018, tentang Rencana Aksi Bela Negara, mendorong terwujudnya Sinergi Pentahelix, yaitu kolaborasi komitmen, program dan aksi utamanya oleh segenap komponen bangsa yang terdiri dari unsur unsur Akademisi, Pemerintah, Media, Komunitas dan Bisnis.

Kolonel Inf Yusep Sudrajat pada kesempatan itu memaparkan fokus bahasan tentang Peran TNI Dalam Merawat Alam Di Masa Pandemi terkait dengan Program Citarum Harum.

Sedangkan, Plt Walikota Cimahi Ngatiyana, secara gamblang menjelaskan fokus bahasannya tentang Peran Pemkot Cimahi Dalam Merawat Alam dan Mitigasi Bencana Saat Pandemi.

Disusul kemudian fokus bahasan Pentingnya Merawat Keanekaragaman Hayati yang dipaparkan oleh Dr Eki Baihaki.

Talkshow itu sendiri berlangsung interaktif selama kurang lebih satu jam. Dilanjutkan dengan ramah tamah dan meninjau taman bambu di area pembibitan dan konservasi Taman Kehati, serta kolam demplot budidaya ikan.

Usai kegiatan, Kolonel Inf Yusep Sudrajat menjelaskan kepada awak media bahwa kehadirannya ke acara talkshow tersebut adalah inisiasi dari TV Harmoni.

“Hari ini sektor 21 melaksanakan talkshow yang diinisiasi oleh TV Harmoni, dengan tema Bela Negara Dengan Cara Menjaga Alam,” ujarnya.

Dilanjutkan oleh Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Kita di Citarum Harum ini sudah berjalan sekitar 3 tahun, tugas utamanya untuk mengembalikan ekosistem di DAS Citarum, ya, itu salah satu upaya menjaga alam. Apabila alamnya bagus, ekosistemnya bagus, lingkungan indah dan bersih, otomatis kehidupan masyarakatnya juga akan nyaman dan nikmat,” terangnya.

Ia juga berharap sinergitas pentahelix dalam merawat dan menjaga alam ini bisa dilakukan, seperti halnya membangun hutan kota Taman Kehati di Cimahi.

“Kami juga tadi berkoordinasi dengan Plt Walikota Cimahi, agar menindaklanjuti Duasatu Kehati Fundation, sebagai sarana untuk membantu pemerintah. Karena area pembibitan Posko 21 ini cukup luas, ada sekitar 5 hektar. Kita (Sektor 21 Satgas Citarum) sudah menata dari awal tahun lalu, kondisinya yang dulu tidak ada bangunan kini sudah ada sebagai penunjang, namun itu tidak mengurangi penghijauan. Disini sudah kita tanam ribuan pohon berbagai jenis dan saat ini sudah terlihat hijau dibandingkan sebelumnya,” urai Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Tadi kita bicara bagaimana menjaga alam ataupun lingkungan, karena memang salah satu ancaman negara salah satunya adalah bencana alam. Apabila ini tidak kita jaga dengan baik, akan menjadi salah satu kendala juga dalam mengelola negara ini,” ujarnya.

Sedangkan Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana, diwawancara terpisah, menjelaskan bahwa kegiatan talkshow yang baru dilaksanakan itu mengangkat terkait bela negara melalui pelestarian alam.

“Ini yang saya sampaikan, bela negara itu tidak harus berperang tetapi salasatunya adalah pelestarian alam, kita jaga alam dan lingkungan dengan baik. tadi disebutkan bahwa mempertahankan alam kita menjadi baik diantaranya tidak menggunduli hutan, yang sudah gundul kita tanami kembali, penebangan pohon harus dikurangi dan bagaimana memanfaatkan lahan kosong,” kata Ngatiyana.

“Dari awal penyiapan bibitnya, penanaman, hingga perawatan, pelestarian alam, menjaga kebersihan lingkungan adalah bagian bela negara,” tambahnya.

“Jadi, khususnya di Cimahi, di Taman Kehati ini, disini tempat Satgas Citarum Harum Sektor 21, membuat mulai dari pembibitan, penanaman, dan pengembalian lagi tanah-tanah gundul untuk ditanami, sehingga kedepannya menjadi asri. Ini sebagai bentuk bela negara melalui pelestarian alam,” ucap Ngatiyana.

Keberadaan Posko Sektor 21 Satgas Citarum di Cipageran ini, lanjut Ngatiyana, menjadi pusat untuk pembibitan pohon, tentunya ini menjadi bentuk edukasi kepada seluruh masyarakat.

[st]

Comments

comments