Desa Narawita Cicalengka Bakal Miliki Sarana SPALDT Citarum Harum

oleh -
Desa Narawita Cicalengka Bakal Miliki Sarana SPALDT Citarum Harum

BANDUNG,- Guna meningkatkan upaya kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan, Desa Narawita di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, bakal memiliki sarana SPALDT (Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat) dari program PUPR Sanimas Citarum Harum.

SPALDT atau yang lebih dikenal dengan sebutan septictank komunal ini, sedianya pelaksanaan pembangunannya akan segera direalisasikan minggu ini hingga 3 bulan kedepan.

Kehadiran fasilitas SPALDT yang lokasinya berada di Kampung Cilame RW 11, Desa Narawita, ini juga mendapat sambutan baik dari masyarakat, seperti yang diungkapkan oleh tokoh masyarakat setempat, Dadi (55), “Alhamdulillah, daerah kami mendapatkan bantuan program Sanimas (Sanitasi masyarakat). Tentunya kami selaku masyarakat akan mendukung,” ucapnya kepada wartawan, Minggu (2/5/2021).

Disebutkannya bahwa selama ini sebagian warga masyarakat di wilayahnya masih membuang limbah domestik (tinja) ke sungai, pun bila ada yang sudah memiliki septictank, kondisinya belum standar.

“Ya, warga ada yang membuang limbah domestiknya langsung ke sungai. Dan sebagian rumah septictank-nya belum standar,” sebut Dadi.

“Mohon doanya agar pekerjaan ini berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Kesempatan yang sama, Satgas Citarum Sektor 21 melalui Komandan Subsektor 16/Cicalengka, Serma Samsudin, mengatakan bahwa pihaknya siap membantu dan mengawasi pekerjaan pembangunan Sanimas SPALDT Citarum Harum di wilayah tugasnya.

“Kami tentunya siap membantu pembangunan sarana SPALDT ini, karena untuk kepentingan masyarakat. Selain itu, mudah-mudahan dengan adanya fasilitas tersebut, sebagai percepatan program Citarum Harum. Terlebih kegiatannya dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat sekitar,” ucapnya.

Dijelaskan oleh Serma Samsudin bahwa rencana pembangunan SPALDT di Desa Narawita, akan mengintegrasikan maksimal 90 sambungan rumah (SR).

Alhamdulillah, lahan yang digunakan untuk pembangunan sarana Sanimas SPALDT ini berasal dari hibah warga setempat, Bapak Hamid. Rencananya akan mengintegrasikan 90 SR,” terangnya.

“Mudah-mudahan pekerjaan pembangunan ini sesuai dengan target yang diharapkan serta bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutup Serma Samsudin.

SPALDT ini merupakan sistem dengan mengalirkan air limbah domestik dari sumber (rumah) secara kolektif ke sub-sistem pengolahan terpusat untuk diolah sebelum dialirkan atau dibuang ke badan air (sungai) permukaan. Diharapkan buangan dari SPALDT tersebut sudah tidak mencemari lingkungan.

Personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Cicalengka bersama diantaranya tokoh masyarakat, KSM, dan tim TFL, meninjau lahan bakal SPALDT di Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Minggu (02/5/2021).

[st]

Comments

comments