Desa Narawita Bangun Sarana TPS3R Citarum Harum, Tatang : Terimakasih Pemerintah

oleh -
Desa Narawita Bangun Sarana TPS3R Citarum Harum, Tatang : Terimakasih Pemerintah

CICALENGKA,- Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, mendapat alokasi pembangunan satu unit sarana TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle) Citarum Harum tahun 2021.

Hal tersebut disambut antusias oleh warga, antara lain disampaikan oleh Tatang (64), yang juga merupakan tokoh warga yang saat ini dipercaya menjadi Ketua KSM Sabanda Sariksa, selaku pelaksana pekerjaan pembangunan sarana TPS3R di Desa Narawita.

“Kami merasa bangga dan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa dan pemerintah diatas yang telah memperhatikan dan mempercayakan fasilitas TPS3R ini bagi kepentingan masyarakat. Tentunya kami akan melaksanakan kepercayaan yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” kata Tatang yang juga merupakan purnawirawan TNI AD, (15/6/2021).

Selaku ketua KSM Sabanda Sariksa, ia juga mengaku akan melaksanakan pembangunan sesempurna mungkin sesuai dengan arahan yang telah diberikan.

“Kami ingin menjalankannya sebaik mungkin dan menyesuaikan dengan spek yang ada,” tambahnya.

Pembangunan sarana TPS3R yang dikerjakan secara swadaya masyarakat di Desa Narawita ini telah dimulai sejak tanggal 1 Juni 2021 lalu, dari mulai pembersihan lahan hingga mempersiapkan lahan untuk bisa dibangun.

“Targetnya 90 hari kalender kerja sudah rampung, semoga tidak ada kendala,” harapnya.

Diungkapkan oleh Tatang bahwa sebelum dibangunnya TPS3R, pola pengelolaan sampah rumah tangga di desanya dibuang ke tempat sampah mandiri yang dibuat oleh pemerintah desa.

“Selama ini, warga masyarakat membuangnya ke tempat pembuangan sampah berupa lubang besar yang dibuat oleh pemerintah desa. Namun sekarang kondisinya sudah hampir penuh. Itu dibuat pada saat ada program padat karya. Nah, sampah rumah tangga tersebut dikelola oleh Karang Taruna di masing-masing RW,” ungkap Tatang.

Dengan hadirnya fasilitas TPS3R Citarum Harum ini, Tatang berharap sampah yang terkumpul bisa dimanfaatkan, diantaranya sampah organik yang bisa diolah menjadi pupuk yang bisa dipakai untuk tanaman rumahan dan kebun.

“Harapan kedepannya semoga lingkungan disini semakin bersih dan asri, tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke selokan atau sungai, karena sudah ada tempat penampungan dan pengolahannya disini (TPS3R),” harap Tatang.

Keberadaan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 juga dikatakan oleh Tatang sangat membantu sekali bagi warga masyarakat dan terlebih bagi KSM.

“Sangat membantu sekali. Satgas Citarum juga sering berkunjung dan membantu kami, termasuk memberikan masukan dan arahan,” ujarnya.

Desa Narawita sendiri termasuk kawasan hulu DAS Citarum yang dilintasi oleh anak Sungai Cibodas yang bermuara ke Sungai Citarik. Selain itu, kerap dilewati wisatawan yang menggunakan motor trail.

Comments

comments