Danpussenarhanud Kodiklatad : Pentahelix, Media Memiliki Peranan Besar

oleh -
Danpussenarhanud Kodiklatad : Pentahelix, Media Memiliki Peranan Besar
Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung, S.Sos, M.M. [Foto: sorotindonesia.com/St]

CIMAHI – Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung, S.Sos, M.M., menyebutkan bahwa dalam upaya membangun kesadaran publik, penting untuk mendorong sinergitas pentahelix dalam menjalankan kegiatan program, diantaranya peran dari media massa.

Hal tersebut dikatakannya saat silaturahmi yang dilaksanakan oleh sejumlah awak media di ruang kerjanya di Mako Pussenarhanud Kodiklatad, Cimahi, (11/7/2022).

“Program sebesar apapun jika tidak dipublikasikan oleh media kepada masyarakat, maka hasilnya tidak akan optimal,” kata Mayjen Karev.

Ia pun mengaku banyak belajar terkait dengan kolaborasi pentahelix ini, kerjasama antara pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas dan media.

“Kolaborasi pentahelix ini satu diantaranya adalah media, jadi harus bekerjasama. Contohnya jika kita melakukan kegiatan dan orang lain tidak tau, orang tidak akan dengar,” ujar Mayjen Karev yang beberapa waktu lalu sukses menyelenggarakan kegiatan fun bike dan track race di Kota Cimahi yang diikuti oleh ribuan peserta.

Pada kesempatan tersebut, Mayjen Karev juga mengingatkan kepada insan media agar menghindari memuat berita yang kurang valid, hoaks, ataupun yang terkesan hiperbola.

Menurutnya, media sangat besar peranannya dalam rangka untuk akselerasi dan membesarkan segala sesuatu yang baik, bila pun ada hal yang kurang baik, menjadi bahan evaluasi untuk adanya perbaikan, tetapi disampaikan secara proporsional.

‚ÄúProfesional sebagai jurnalis, tulislah yang disampaikan sesuai fakta dan kebenaran. Tidak perlu dibesar-besarkan atau dikecil-kecilkan, proporsional saja,” pesan Mayjen Karev.

“Termasuk rekan media yang melaksanakan tugas pokoknya, antara lain yang memberitakan tentang kinerja kita, secara adil dan transparan. Harapan kita begitu, kerjasama supaya fakta yang kita lakukan bisa diketahui oleh masyarakat dan pimpinan, bahwa Arhanud berbuat dan melakukan kinerja dengan se-optimal mungkin.” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pussenarhanud Kodiklatad selain melaksanakan tugas pokok Angkatan Darat, juga keberadaannya pasca pandemi saat ini mendorong peningkatan kesehatan masyarakat dengan menggalakkan kegiatan olahraga termasuk membuka sarana dan fasilitas olahraga yang ada di Pussenarhanud untuk bisa digunakan oleh masyarakat. Selain itu, membantu Pemerintah Kota Cimahi dalam pengelolaan sampah dan lingkungan, dan yang menarik adalah turut mendukung wisata militer Kota Cimahi dengan rencananya membuka Museum Arhanud.

Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung (kiri), saat meresmikan Vyati Fitness Center, didampingi binaragawan Ade Rai dan Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana, beberapa waktu lalu. [Foto: St/sorotindonesia.com]

Comments

comments