Danpussenarhanud Buka dan Resmikan Vyati Fitness Center, Binaragawan Ade Rai Berikan Apresiasi

oleh -
Danpussenarhanud Buka dan Resmikan Vyati Fitness Center, Binaragawan Ade Rai Berikan Apresiasi
Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung (kiri), Ade Rai (tengah) dan Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana, pada rangkaian peresmian Vyati Fitness Center Pussenarhanud, Cimahi, Selasa (5/7/2022).

CIMAHI – Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung membuka sekaligus meresmikan pusat kebugaran Vyati Fitness Center yang berlokasi di kawasan Mako Pussenarhanud, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (5/7/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana bersama SKPD terkait, pejabat utama dan jajaran Pussenarhanud, Polres Cimahi, KONI Kota Cimahi, organisasi olahraga binaraga, tamu undangan, termasuk komunitas senam dan para atlet binaraga.

Peresmian sarana dan fasilitas Vyati Fitness Center ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Danpussenarhanud Mayjen TNI Karev Marpaung didampingi Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana, dan binaragawan Ade Rai.

Kehadiran sarana kebugaran Vyati Fitness Center yang diresmikan ini, menambah sarana olahraga yang ada di kawasan Mako Pussenarhanud Kodiklatad yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh prajurit, juga untuk pembinaan atlet dan masyarakat umum di Jawa Barat, khususnya Kota Cimahi. Ini sebagai wujud nyata dari Pussenarhanud mengambil bagian dalam rangka memasyarakatkan olahraga serta mengolahragakan masyarakat, terutama olahraga prestasi di Kota Cimahi.

“Hari ini kita meresmikan Vyati Fitness Center. Ini merupakan salasatu sarana yang akan dimanfaatkan untuk mewujudkan masyarakat Cimahi memiliki kesehatan dan kebugaran yang optimal,” kata Mayjen Karev usai peresmian dan mencoba sarana serta fasilitas yang ada di Vyati Fitness Center.

“Sarana ini sebelumnya sudah ada, sekarang kita optimalkan, sehingga Vyati Fitness Center ini diharapkan bukan hanya digunakan oleh anggota Pussenarhanud saja, tetapi lebih mengutamakan bagaimana masyarakat bisa turut memanfaatkan sarana ini,” ujarnya.

Guna kepentingan tersebut, Danpussenarhanud telah membuka pintu akses khusus untuk memudahkan masyarakat bisa langsung masuk ke Vyati Fitness Center.

“Lokasi Vyati Fitness Center ini kita upayakan ada akses bagi masyarakat, sehingga masyarakat lebih mudah untuk memanfaatkan sarana kebugaran ini,” papar Mayjen Karev.

Fitness Center ini sendiri bisa terkoneksi ke aula yang bisa digunakan oleh penggemar olahraga senam kebugaran atau senam aerobik.

“Oleh karena itu, kami harapkan masyarakat mengerti dan tau bahwa di Kota Cimahi khususnya di Pussenarhanud ada sarana untuk fitness dan bisa betul-betul bisa memanfaatkannya agar tercipta masyarakat yang sehat, masyarakat yang bugar, untuk menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal, hebat dan unggul,” harap Mayjen Karev.

Tidak hanya sampai disitu, Mayjen Karev menyebutkan akan bekerjasama dengan para atlet binaraga dan pelaku olahraga fitness yang memiliki kemampuan dan fisik yang baik serta dukungan dari Walikota Cimahi agar Vyati Fitness Center ini bukan hanya untuk sarana kebugaran tetapi ada semacam pelatihan dan seminar terkait fitness, juga sarana yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan prestasi khusus atlet binaraga.

Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana, pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kolaborasi dengan TNI selama ini khususnya di bidang olahraga, terlebih dengan adanya kini Cimahi Sport Center yang berlokasi di Pussenarhanud.

“Kami dari Pemerintah Kota Cimahi sangat mengapresiasi, karena kolaborasi diantara TNI, pemerintah dan masyarakat itu penting. Pentahelix juga kita kedepankan dengan melibatkan media dan akademisi serta unsur lainnya untuk memajukan Kota Cimahi. Inilah kolaborasi Cimahi Sport Center yang ada di Pussenarhanud, mudah-mudahan kolaborasi ini bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mencari bibit-bibit dan pengembangan atlet olahraga di Kota Cimahi,” kata Ngatiyana.

Sementara itu, binaragawan Ade Rai mengaku sangat mendukung dengan telah dibuka dan diresmikannya Vyati Fitness Center oleh Danpussenarhanud.

“Saya sebagai bagian dari masyarakat sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi atas hadirnya Vyati Fitness Center ini. Jadi, saya sepakat dengan yang tadi dikatakan oleh Pak Walikota terkait kolaborasi antara pemerintah dan terutama dengan TNI yang memiliki fasilitas olahraga yang begitu lengkap. Sangat disayangkan jika hanya digunakan oleh kalangan militer saja. Setelah ini dibuka untuk masyarakat umum, saya rasa itu menjadi satu ide yang sangat baik, karena bagaimanapun juga kalau seandainya masyarakatnya sehat, tentu pada akhirnya performa Cimahi akan kuat,” kata Ade Rai.

Ade Rai pun menjelaskan bahwa fitness center diperuntukan menjadi tempat meningkatkan kesehatan masyarakat, dan hanya sekitar lima hingga sepuluh persen untuk menjadi tempat untuk berprestasi.

“Kita lihat sendiri, sebenernya mungkin lima persen atau sepuluh persen yang menjadikan tempat ini (fitness center) sebagai tempat untuk berprestasi. Tapi yang lebih utama, tempat ini adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” ucapnya.

“Permasalahan profil kesehatan masyarakat itu hampir sebagian besar permasalahan perilaku, penyakit yang tidak menular, penyakit regeneratif, penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Nah, disinilah tempat yang bisa dijadikan sebagai satu intervensi, sehingga biaya-biaya yang sifatnya kuratif yang terutama dikeluarkan oleh pemerintah daerah akan bisa berkurang kalau seandainya kita berfokus pada yang namanya preventif dan promotif,” harap Ade Rai yang beberapa kali menjadi jawara binaraga di ajang regional maupun internasional.

Menariknya, pada rangkaian penghujung acara peresmian Vyati Fitness Center ini, ditampilkan sejumlah atlet berprestasi binaraga yang memamerkan otot (ekspos) di atas podium aula R Harsoyo dan dilanjutkan dengan senam aerobik yang diikuti oleh komunitas dan personel Pussenarhanud.

Atlet-atlet yang tampil di atas podium tersebut adalah Rendy (Juara 3 Pra Porprov Jabar 2021), Tedi (5 Besar Pra Porprov Jabar 2021), Rudi (Juara I Terbuka Nasional Bandung Raga 2011, Juara 1 Porprov Jabar 2014, Juara 2 Nasional Mr Indonesia 2016, Juara 2 Porprov Jabar 2018, Juara 2 Pra Porprov Jabar 2021), Ronny (Juara 1 Kelas 55 Kg PON Jabar 2016, Juara 1 Kelas 55 Kg Porda Bekasi 2014, Juara 1 Kelas 60 Kg Kejurnas Pas Pampres 2014, Juara 1 Kejurnas Bandung Raga 2015), dan Anton (Juara 1 Mr Indonesia 2017 dan 2022, Juara 2 Pra PON XX Papua, Juara 1 Porprov Jabar, Juara 1 Invitasi Binaraga Nasional 2011, Juara 1 Kejuaraan ASEAN di Myanmar, Juara 2 Kejuaraan Binaraga Asia 2019, Juara 9 Kejuaraan Dunia Chiangmai-Thailand, Tim Binaraga PON Jabar tiga kali yakni Riau, Jabar dan Papua).

Komitmen Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung terhadap keolahragaan di Kota Cimahi tidaklah perlu diragukan lagi. Setelah aktifitas masyarakat longgar pasca pandemi yang mencengkeram tanah air selama lebih dari dua tahun, jenderal bintang dua lulusan Akmil 1987 ini langsung ngabret dengan membuka akses lapangan dan sarana olahraga di kawasan Mako Pussenarhanud untuk digunakan masyarakat dan pembinaan atlet khususnya atlet Kota Cimahi. Selain itu, Mayjen Karev membuka dan meresmikan sarana dan fasilitas lapangan bulutangkis R Harsoyo.

Kegiatan yang menyedot perhatian khalayak adalah kegiatan seminggu lalu yang mendapat respon dan disambut antusias oleh masyarakat, yakni gelaran gowes atau Fun Bike yang diikuti lebih dari seribu peserta dan Track Race memperebutkan Danpussenarhanud Cup.

[st]

Comments

comments