Warga Apresiasi Pengerukan Sungai Cimande Di Desa Nanjung Mekar

oleh -
Warga Apresiasi Pengerukan Sungai Cimande Di Desa Nanjung Mekar

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Warga masyarakat menyatakan apresiasinya terhadap giat pengerukan Sungai Cimande yang dilaksanakan oleh BBWS Citarum OP II bersama Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 01/Rancaekek.

Hal tersebut disampaikan oleh Joni, tokoh warga RW 05, “Alhamdulillah, setelah pengajuan beberapa kali dan dibantu oleh Satgas Citarum, normalisasi Kali Cimande ini terealisasi dilaksanakan,” ucapnya, (01/8/2020).

“Keluhan warga masyarakat di RW 04, RW 05 dan RW 14, sering kebanjiran. Hujan kemarin bahkan naik sampai ke jalan raya,” ujarnya.

“Jadi, kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah dan Satgas Citarum. Mudah-mudahan setelah dibersihkannya Cimande ini, dengan bantuan Satgas Citarum sebagai penggerak, disini akan dibuatkan wisata air. Insyaallah bisa terlaksana dan masyarakat bisa memahami,” pungkasnya dihadapan awak media.

Senada dengan itu, Ketua RW 04, Pendi, mengucapkan apresiasinya dengan dimulainya pengerukan Sungai Cimande. “Alhamdulillah, terimakasih kepada pemerintah, harapan masyarakat bisa terwujud, karena warga selama ini kerap terdampak banjir dari luapan air Sungai Cimande,” ucapnya.

Tampak sedimentasi sungai di sekitar Jembatan Cimande sudah cukup tinggi, menyisakan jalan air seukuran parit. Bahkan di sekitar pemukiman ada yang hampir sejajar dengan jalan kendaraan.

Pengawas OP II BBWS Citarum, Adang Syaripudin, saat ditemui oleh wartawan di lokasi pengerukan menyebutkan, “BBWS Citarum khususnya OP II, saat ini ada kegiatan normalisasi Sungai Cimande, kurang lebih di sepanjang 1 Km,” sebutnya.

Ditambahkannya, “Kedalaman sungai yang akan dikeruk antara 1,5 meter,” tambah pria yang kerap disapa dengan panggilan akrab Adang Orok.

“Pekerjaan ini dilaksanakan setelah menerima masukan dan permintaan masyarakat yang mengeluhkan sering terdampak banjir,” ujarnya.

“Terakhir Sungai Cimande disini dikeruk sekitar tahun 2014,” pungkasnya.

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 01, Serka Mulyana, menjelaskan kepada wartawan, “Kami tentunya dari Satgas Citarum Sektor 21 akan mengawasi pekerjaan pengerukan Sungai Cimande di Desa Nanjung Mekar agar berjalan dengan lancar. Terlebih saat ini musim kemarau, sehingga harapannya tidak ada hambatan dari resiko luapan air sungai,” ucapnya.

Pengerukan Sungai Cimande di Desa Nanjung Mekar, Kecamatan Rancaekek, dibantu oleh 1 (satu) unit alat berat jenis backhoe serta beberapa unit armada dumptruck dari BBWS Citarum.

[St]

Comments

comments