Tingkatkan Pendapatan Petani Karet, Mura Bentuk “UPPB”

oleh -
Petani Karet
Pelatihan Pengolahan Bokar Bersih Di kecamatan Permata Intan Yang Dihadiri Oleh Bupati Murung Raya, Drs. Perdie, MA Beberapa Waktu Yang Lalu.
Murung Raya, sorotindonesia.com – Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya pada tahun ini membangun Pabrik Karet nantinya sangat memerlukan dukungan dari masyarakat petani karet yang ada di 10 kecamatan.

Untuk meningkatkan pendapatan petani karet, Distanikan Kabupaten Murung Raya akan terus membentuk Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB). UPPB memungkinkan para petani menjual bahan olahan karet (bokar) kepada pabrik crumb rubber dengan harga lebih tinggi.

Yanette Sarah, Kabid Perkebunan Distanikan Kab. Mura menjelaskan, “Saat ini kita sudah mempunyai 3 UPPB yang sudah terbentuk diantaranya di Desa Olung Ulu Kecamatan Tanah Siang, Desa Batu Bua Kecamatan Laung Tuhup, Sampango Kecamatan Murung. Namun 3 UPPB tadi belum ada pembinaan lanjutan jadi belum berjalan dan kita akan dorong untuk Kecamatan Permata Intan agar segera setelah pelatihan Pengolahan Bokar Bersih ini nantinya membentuk kepengurusan UPPB disana, karena di UPPB ini anggotanya adalah gabungan kelompok tani karet”, jelasnya, Rabu (22/3).

Petani Karet
Pelatihan Bokar Bersih Dan Pembentukan UPPB di Kecamatan Permata Intan beberapa Waktu Yang Lalu

“harga karet di Kabupaten Murung Raya sekarang ini banyak dikendalikan atau dipermainkan oleh tengkulak, disebabkan oleh kurangnya informasi yang didapat para petani karet didesanya. Kita sudah informasikan kepada setiap petani karet yang mengikuti pelatihan dan diharapkan bisa diinformasikan ke petani karet lainnya, bahwa untuk mengecek harga terbaru untuk perkilogram karet mentah yang berkualitas standar K3 (Kadar Karet Kering) di sms ke nomor 99250 tarif smsnya 2.200/sms dan untuk regional Kalteng ikut di daerah Pontianak, Kalimantan Barat”, tambah Yanette.

“untuk mencapai kualitas dan harga tinggi tadi maka perlu di bentuk UPPB yang dikelola oleh kelompok tani tadi di tiap kecamatan untuk bisa mendukung rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya untuk Membangun Pabrik Karet di Desa Muara Bumban Kecamatan Murung, dan rencananya kita di tanggal 1 Agustus 2017 nanti kita akan buat Komitmen Bersama Petani Karet untuk Peluncuran Perdana Produksi Bokar Bersih, nanti tempatnya kita konsultasikan dulu”, Pungkasnya. (yud)

Comments

comments