Taman Kehati Cimahi Miliki Sarana Lintasan Jogging Track

oleh -
Taman Kehati Cimahi Miliki Sarana Lintasan Jogging Track

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Markas Satgas Citarum Sektor 21 di Taman Kehati Kota Cimahi kini sudah memiliki fasilitas sarana olahraga yang cukup representatif bagi masyarakat, yakni jogging track.

Lintasan untuk sarana ini sebelumnya sudah dibuat, namun masih beralaskan tanah. Tetapi saat ini sedang ditata dengan menggunakan paving block agar tidak licin.

Menariknya, sarana ini mengintegrasikan sebagian area pembibitan pohon dengan pemandangan hijau pepohonan dan keindahan alam di Taman Kehati Cimahi.

“Rencananya, lintasan jogging track yang akan dipasang paving block ini sepanjang 2.100 meter, titik start di depan taman Pepelakan Inohong hingga melewati taman bambu. Saat ini baru sepanjang 200 meter yang terpasang dengan lebar lintasan kira-kira satu meter,” kata Pasi Sektor 21 Lettu Inf Sukisworo, Selasa (10/11/2020).

“Namun demikian, selama berlari atau berjalan di lintasan jogging track, masyarakat pengguna diharapkan berhati-hati agar terhindar dari cidera, karena ada lintasan yang memiliki tanjakan yang cukup ekstrim. Selain itu, pengguna dilarang merokok dan tidak membuang sampah di sepanjang lintasan,” jelasnya.

Menurut Lettu Inf Sukisworo lebih lanjut, karena area lintasan yang cukup menantang ini, sehingga di range tertentu akan disiapkan tempat rehat untuk mengatur nafas.

“Ya, rencananya pada jarak tertentu kita akan siapkan tempat beristirahat,” ujarnya.

“Sepeda juga dilarang untuk masuk ke lintasan,” tambah Lettu Inf Sukisworo.

Kenapa jogging track? dijawab olehnya, “Sesuai arahan dari Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat, pembangunan jogging track ini adalah salasatu sarana bagi kepentingan masyarakat yang membutuhkan tempat berolahraga yang representatif dengan udara bersih untuk kebutuhan menghirup oksigen yang segar. Olahraga lari atau berjalan cepat ini kan adalah olahraga yang cukup murah, tapi sangat menyehatkan. Beberapa tanaman endemik dan pohon keras di sepanjang lintasan juga akan memberikan nuansa alam tersendiri bagi setiap orang yang datang kesini,” terangnya.

Pembangunan sarana lintasan jogging track ini simultan dengan perawatan dan penanaman bibit pohon di bakal hutan kota Cimahi ini.

“Kita terus menambah penanaman bibit pohon di Taman Kehati ini, jenisnya selain pohon keras, juga pohon produktif seperti buah-buahan dan kopi. Insya Allah, beberapa tahun ke depan tempat ini bisa menjadi penyuplai udara bersih bagi warga Kota Cimahi,” pungkasnya.

[st]

 

Comments

comments