Sungai Ciwidey Desa Sukajadi Kondisi Bersih, Satgas Citarum: Jangan Buang Sampah Sembarangan Lagi

oleh -
Sungai Ciwidey Desa Sukajadi Kondisi Bersih, Satgas Citarum: Jangan Buang Sampah Sembarangan Lagi

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Giat rutin patroli sungai yang dilaksanakan oleh anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 pada hari, Senin (28/9/2020), ke aliran Sungai Ciwidey di Desa Sukajadi, ditemukan kondisinya bersih dari sampah.

Alhamdulillah, patroli hari ini kita melihat kondisi Sungai Ciwidey dalam keadaan bersih, bebas dari sampah dan tidak tercemar limbah industri,” kata Sertu Nugraha.

Ia berharap kondisi tersebut tetap terjaga guna manfaat sungai bagi masyarakat.

“Kita inginkan bersama kondisi sungai semakin baik. Sampah sekecil apapun yang dibuang sembarangan, bisa mencemari sungai,” ujarnya.

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 sendiri memiliki tanggung jawab wilayah anak Sungai Citarum yang tidak kecil, karena meliputi 3 kecamatan, yakni Kecamatan Soreang, Kecamatan Kutawaringin dan Kecamatan Ciwidey.

“Ya, menjaga dan melestarikan sungai ini adalah tanggung jawab bersama untuk warisan kelak anak cucu kita. Oleh karena itu, kita bekerjasama dengan masyarakat sekaligus mengajak masyarakat mulai dari sekarang minimal jangan membuang sampah sembarangan yang ujungnya bisa mengotori sungai,” harapnya.

Sebelum patroli, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 melaksanakan giat rutin membersihkan sampah serta tanaman liar di permukaan dan bantaran sungai yang bertujuan untuk meminimalisir hambatan aliran sungai.

“Pagi ini, kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 melakukan pembersihan sampah dan rumput liar di aliran anak Sungai Ciwidey, Kampung Campaka RT 05 RW 04, Desa Sukanagara, Kecamatan Soreang,” jelas Sertu Nugraha.

“Pembersihannya di sekitar 120 meter persegi,” tambahnya.

Tampak lokasi yang telah dibersihkan, kondisinya lebih rapih tinimbang sebelumnya.

[St]

Comments

comments