Sosialisasi Citarum Harum Kepada Ibu PKK Kader Dasawisma Kelurahan Cipageran, Dansektor 21 Tekankan BRIA

oleh -
Sosialisasi Citarum Harum Kepada Ibu PKK Kader Dasawisma Kelurahan Cipageran, Dansektor 21 Tekankan BRIA
Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf T Bayu Wahyu Murwanto saan menyampaikan sosialisasi Citarum Harum kepada kader PKK Dasawisma Kelurahan Cipageran Kota Cimahi, (23/11/2022).

CIMAHI – Komandan Sektor 21 (Dansektor 21) Satgas Citarum Kolonel T Bayu Wahyu Murwanto melaksanakan giat sosialisasi Citarum Harum kepada ibu-ibu kader Dasawisma TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Cipageran yang digelar di Aula Dipatiukur Posko Sektor 21 Taman Kehati, Kota Cimahi, Rabu (23/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kecamatan Cimahi Utara, Ibu Susi Taryadi Ahmad Taufik beserta jajaran, Sekertaris Lurah Cipageran Rahadian GS, dan diikuti oleh kader Dasawisma dari 29 Rukun Warga (RW) Kelurahan Cipageran.

Pada kesempatan paparan Citarum Harum, Dansektor 21 menjelaskan terkait dengan keberadaan Taman Kehati sebagai Posko Sektor 21 Satgas Citarum serta ruang terbuka hijau serta sarana edukasi lingkungan bagi masyarakat Kota Cimahi.

“Mudah-mudahan tempat ini selain menjadi tempat ruang terbuka hijau sebagai paru-paru Kota Cimahi, edukasi lingkungan, juga representatif untuk jadi tempat rekreasi serta menumbuhkan UMKM,” kata Dansektor 21.Cimahi

Diuraikan lebih lanjut oleh Dansektor 21 bahwa visi dari Satgas Citarum adalah suksesnya program Citarum Harum, sedangkan visinya adalah melaksanakan mencegah dan mengendalikan limbah agar tidak mencemari DAS Citarum dan anak sungainya guna menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem di DAS Citarum demi anak cucu generasi bangsa.

“Motto Sektor 21 Satgas Citarum adalah Bersih, Rapih, Indah dan Aman (BRIA). Insya Allah, cita-cita kita bersama bisa terwujud bila ada kemauan dan masing-masing berkarya terhadap BRIA ini mulai dari keluarga kita, hingga nanti ketoktular ke lingkungan kita dan wilayah yang lebih luas,” terangnya.

Mengutip dari data laporan hasil penelitian, Dansektor 21 mengungkapkan bahwa kini kondisi limbah industri sudah 90 persen baik dan sisanya membaik, termasuk didalamnya kontribusi dari limbah domestik.

“Jadi, kegiatan kader Dasawisma serta TP PKK ini berkaitan erat dengan Citarum Harum, diantaranya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan guyub rukun loh jinawi serta gotong royong. Harapan kami, tolong kelola sampah masing-masing dengan baik agar terwujud lingkungan yang BRIA, sampah dibuang pada tempatnya, karena keberadaan saluran air dan sungai itu untuk diwariskan kepada anak cucu kita,” ajak Dansektor 21 sambil mengingatkan Surat Edaran No.121 tahun 2022 yang diterbitkan Pj Walikota Cimahi tentang sampah juga memotivasi dengan 5 Saling, yakni Saling Hargai, Saling Hormati, Saling Percayai, Saling Sayangi dan Kerjasama yang outputnya terbentuk team work dari semua komponen masyarakat baik formal dan informal.

Pada kegiatan itu, Dansektor 21 juga memberikan door prize dan bahan kontak kepada peserta.

Usai paparan Citarum Harum dari Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf T Bayu Wahyu Murwanto, acara dilanjutkan dengan pelatihan dan pembinaan kader Dasawisma oleh TP PKK Kecamatan Cimahi Utara.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan pembinaan dan pelatihan kader Dasawisma sebagai garda terdepan membantu pemerintah dalam hal pendataan di wilayah yang berhubungan dengan 10 program pokok PKK,” jelas Ketua TP PKK Kecamatan Cimahi Utara, Ibu Susi Taryadi Ahmad Taufik.

“Harapan kami, dengan kegiatan pelatihan dan pembinaan ini bisa diaplikasikan di wilayah, kader dasawisma bisa mengisi format data dengan tepat sesuai aturannya,” tambahnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Cimahi Utara ini juga mengucapkan terimakasih kepada Sektor 21 Satgas Citarum yang telah memberikan kontribusi besar mewujudkan ruang terbuka hijau di Taman Kehati yang menjadi destinasi bagi masyarakat.

“Kami ucapkan terimakasih kepada komandan Sektor 21 Satgas Citarum Harum, kami tentunya sangat mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan di kegiatan lainnya kami siap bersinergi,” pungkas Ibu Susi Taryadi Ahmad Taufik.

Kesempatan yang sama, kader TP PKK Cipageran, Ibu Sri Mulianingsih mengaku sangat bangga dengan kinerja Sektor 21 Satgas Citarum di Taman Kehati Cimahi.

“Sebagai warga Cipageran, kami sangat bangga dengan kondisi Taman Kehati saat ini, insya Allah kami akan mendukung program Sektor 21 Satgas Citarum Harum,” tutupnya.

Sektor 21 Satgas Citarum Harum Sosialisasi Kompor Biomass Burner

Pada kegiatan pelatihan dan pembinaan kader dasawisma dan sosialisasi Citarum Harum ini, Sektor 21 Satgas Citarum berkesempatan memperkenalkan kompor biomass burner yang disampaikan oleh Bamin Sektor 21 Satgas Citarum Serka Fauzi Muamar.

Kompor hemat energi karena menggunakan bahan bakar dari ranting kayu atau padatan serbuk gergaji tersebut, diklaim menghasilkan panas api yang optimal sehingga untuk memasak air atau jenis makanan tertentu bisa lebih cepat matang.

Menariknya, Biomass Burner yang pada operasionalnya menggunakan accu, juga bisa menghasilkan tenaga listrik untuk kebutuhan penerangan atau charge handphone. Daya tahan kompor inipun diklaim bisa lebih dari empat tahun. Selain itu, karena ukurannya yang relatif kecil, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan mobile.

Comments

comments