Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Giat Pemeliharaan Kebersihan Sungai Cibeusi

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Giat Pemeliharaan Kebersihan Sungai Cibeusi

SUMEDANG,- Antisipasi hambatan aliran sungai dan timbulan sampah, anggota Sektor 21 Satgas Citarum Harum Subsektor 15 bersama warga pelopor kebersihan turun korve di Sungai Cibeusi, Jatinangor.

“Hari ini, kami melaksanakan giat pembersihan pengangkatan sampah dan pembabatan tanaman liar di daerah aliran Sungai Cibeusi, Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang,” jelas Serka Eri Krisyana kepada awak media, Minggu (4/4/2021).

Sebelum korve, tampak tanaman liar merambah badan air, dan ada beberapa titik timbulan sampah yang berpotensi mengotori sungai.

“Mudah-mudahan setelah pembersihan ini aliran sungai menjadi lebih lancar,” ucap Serka Eri Krisyana.

Kegiatan korve itu sendiri dilakukan di sepanjang kurang lebih 250 meter. Sampah yang terkumpul sekitar 280 kilogtram yang didominasi oleh sampah organik, seperti sampah potongan kayu, bambu, dan tanaman lainnya, disamping sampah plastik.

“Kami mengajak warga masyarakat yang tempat tinggalnya dilintasi oleh Sungai Cibeusi ini untuk turut berperan aktif menjaga kebersihan dan kelestarian sungai, ya minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan ke lingkungan,” ajak Serka Eri Krisyana yang akrab disapa dengan panggilan Serka Erik.

Hal tersebut juga kerap disampaikannya langsung bersama anggota Satgas Citarum kepada warga masyarakat pada kegiatan rutin komunikasi sosial.

[St]

Comments

comments