Satgas Citarum Sektor 21 Sub 15 Cek Progress Pembangunan Sarana Sanimas Di Cinanjung

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 15 Cek Progress Pembangunan Sarana Sanimas Di Cinanjung

SUMEDANG,- Guna memastikan pembangunan sarana Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) Citarum Harum di wilayah tugasnya berjalan dengan lancar, personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 melaksanakan giat pemantauan.

Salasatu yang dicek adalah pembangunan sarana Sanimas atau IPAL komunal domestik di Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Tampak pada pengecekan tersebut, selain melihat kondisi bak IPAL, juga membantu pekerjaan pemasangan pipa dan grease trap dari saluran rumah ke rumah yang akan terintegrasi ke bak IPAL komunal domestik atau yang dikenal juga dengan sebutan septictank komunal.

“Saat ini kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 melaksanakan pengecekan ke pembangunan Sanimas di Kampung Taneuh Beureum RT 07 RW 05, Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari,” jelas Serka Eri Krisyana, (9/8/2021).

“Pekerjaan yang dilaksanakan adalah penggalian dan pemasangan pipa serta grease trap yang akan terhubung ke bak IPAL komunal domestik,” tambahnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Serka Eri bahwa sarana Sanimas yang sedang dibangun oleh kelompok swadaya masyarakat tersebut di Desa Cinanjung, akan mengintegrasikan setidaknya 90 sambungan rumah.

“Insya Allah, sarana Sanimas di Desa Cinanjung akan segera rampung dan bisa segera terasa manfaatnya bagi masyarakat. Kini progress-nya sudah mencapai sekitar 75 persen,” jelasnya.

Hadirnya sarana Sanimas ini di tengah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan, terutama mengurangi pencemaran limbah domestik (tinja) di aliran sungai.

Kabupaten Sumedang sendiri, pada tahun ini mendapat alokasi pembangunan sarana Sanimas Citarum Harum di 8 titik yang tersebar di Desa Sukadana, Desa Mekargalih, Desa Cinanjung, Desa Sindanggalih, Desa Sindangpakuon dan di Desa Kutamandiri.

Comments

comments