Satgas Citarum Sektor 21 Sub 15 Bongkar Tanggul Liar Di Aliran Sungai Cimande

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 15 Bongkar Tanggul Liar Di Aliran Sungai Cimande

SUMEDANG,- Guna mengantisipasi kelancaran aliran sungai, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 bersama warga pelopor kebersihan membongkar tanggul pasak bambu di aliran Sungai Cimande yang berada di RW 02 Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Tanggul pasak bambu berikut karung berisi tanah atau pasir di badan air tersebut sengaja dipasang oleh warga untuk dialirkan ke kolam pribadi. Namun jelang musim hujan saat ini, tanggul tersebut berpotensi mengakibatkan banjir, termasuk potensi membentuk timbulan sampah organik dan anorganik.

“Kami, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 bersama dengan warga pelopor membersihkan aliran Sungai Cimande di RW 02, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, sekaligus membongkar tanggul liar agar tidak ada hambatan di aliran sungai,” kata Serka Eri Krisyana, Sabtu (11/9/2021).

Dijelaskan oleh Serka Eri bahwa pembongkaran tanggul pasak bambu tersebut juga didasari laporan dari tokoh warga masyarakat.

“Saat musim kemarau, volume air sungai tidak banyak, sehingga dibuat cerucuk bambu dan karung berisi tanah untuk membagi air ke lahan kolam milik warga. Tapi saat musim hujan bisa mengakibatkan banjir. Sehingga kami buka agar aliran sungai berjalan lancar,” jelasnya.

Proses pembongkaran itu sendiri turut disaksikan oleh Ketua RW setempat, Bapak Oyot.

Menurut Bapak Oyot, tanggul bambu di Sungai Cimande ini dibuat oleh warga untuk kepentingan pribadi mengisi kolam ikannya.

“Yang kita kuatirkan, tanggul di Sungai Cimande itu mengakibatkan banjir karena sekarang sudah mulai musim hujan,” ujarnya, dan mengakui pembongkaran tersebut merupakan hasil koordinasi dengan kepala desa.

[st]

Comments

comments