Satgas Citarum Sektor 21 Sub 15 Bersihkan Aliran Sungai Citarik Di Desa Sindulang

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 15 Bersihkan Aliran Sungai Citarik Di Desa Sindulang

SUMEDANG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 laksanakan giat korve rutin membersihkan daerah aliran sungai bersama warga pelopor kebersihan.

Korve rutin tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meminimalisir hambatan di aliran sungai. Antara lain pengangkatan sampah dan tanaman liar yang tumbuh mengganggu bantaran.

Pada hari, Senin (6/9/2021), selepas apel pengecekan personil dan materil, personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 menyasar daerah aliran Sungai Citarik di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

“Hari ini, kami melaksanakan kegiatan pembersihan bantaran Sungai CitarikĀ  di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang,” terang Serka Eri Krisyana.

Tampak banyak tanaman liar yang tumbuh hingga hampir menutupi badan air serta sampah yang mengendap di dasar sungai.

“Alhamdulillah, dari panjang sekitar 100 meter daerah aliran sungai yang dibersihkan, terkumpul hampir 150 kilogram sampah organik dan anorganik,” ungkap Serka Eri.

Dikatakannya bahwa pihaknya tak akan pernah bosan terjun membersihkan sungai dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Ya, permasalahan sungai menjadi bagian tugas kami. Insya Allah, selama ada sampah dan hambatan di aliran sungai kami akan turun untuk membersihkannya. Namun demikian, kami juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan, minimal masyarakat dapat mengelola sampahnya dengan baik mulai dari rumah,” bebernya.

Usai korve dan isoma, personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 melanjutkan tugas patroli sungai untuk mengantisipasi adanya timbulan sampah dan limbah industri.

Kemudian melaksanakan komunikasi sosial (komsos) kepada warga terkait dengan Citarum Harum dan peningkatan pola hidup bersih dan sehat.

 

Comments

comments