Menko Marves : Citarum Semakin Baik

oleh -
Menko Marves : Citarum Semakin Baik
Menko Marves Luhut B Pandjaitan saat menyampaikan keterangannya usai mengikuti rapat koordinasi Satgas Citarum di Kota Bandung, Selasa (7/9/2021).

BANDUNG, sorotindonesia.com,- Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melaksanakan kunjungan ke Kota Bandung untuk meninjau progres pelaksanaan program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan program Citarum Harum, Selasa (7/8/2021).

Pada kunjungannya tersebut, Menko Marves selaku Ketua Pengarah Program Citarum Harum, didampingi antara lain oleh Gubernur Jabar, H.M Ridwan Kamil selaku Dansatgas Citarum, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto selaku Wadan Satgas Citarum Bidang Ekosistem, serta Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri yang diwakili Wakapolda Jabar Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan selaku Wadan Satgas Citarum Bidang Penegakkan Hukum. Turut hadir pada kesempatan itu, para pejabat dari Forkopimda serta instansi dan dinas terkait.

Menko Marves tiba di Bandung menggunakan helikopter yang mendarat di Lapangan Patriot Dodik Secaba Rindam III/Siliwangi Bihbul, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kemudian melaksanakan rangkaian kunjungan antara lain ke TPSA Cicabe, kawasan Sungai Cidurian di Antapani dan Arcamanik, serta Sekertariat Satgas Citarum di Jl. Ir. H. Djuanda (Dago) untuk mengikuti rapat koordinasi.

Menko Marves menyimak paparan dari Dansektor 22 Satgas Citarum saat berkunjung ke Sungai Cidurian, Kota Bandung. [Foto: PenIII]
“Kita sudah mengunjungi beberapa tempat untuk meninjau kegiatan Citarum Harum setelah hampir dua tahun kita terhenti karena pandemi Covid-19. Ternyata target kita yang tadinya (Citarum) tercemar sedang, tapi sekarang kondisinya sudah tercemar ringan. Kita akan laporkan ini kepada Bapak Presiden Joko Widodo, karena target tujuh tahun harus kita selesaikan. Kita harapkan tiga tahun kedepan bisa kita tuntaskan,” kata Menko Marves Luhut B Pandjaitan kepada awak media usai kegiatan.

“Kita lihat sekarang Citarum semakin lebih baik, dan program-program semakin terpadu, ide-ide besar Pak Gubernur juga sudah terlaksana. Saya titip kepada Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda, ini banyak strategi TNI dan Polri karena dari awal sudah terlibat,” sebut Menko Marves.

“Saya kira Pak Gubernur beserta tim, Bapak Pangdam Siliwangi beserta seluruh Dansektor, dan Bapak Kapolda sudah saling membantu, sehingga apa yang kita lihat tadi bisa semakin baik lagi,” pesan Menko Marves.

Kesempatan yang sama, Ridwan Kamil mengatakan, “Seperti yang disampaikan oleh Menko Marves,┬áselama pandemi ada agenda yang sempat terhenti untuk program Citarum. Saya laporkan program Citarum sudah berlangsung tahun ke-3 di tahun 2021 ini. Berita baiknya target 2021 adalah tercemar sedang, kini sudah tercemar ringan. Sehingga tahun-tahun kedepan Sungai Citarum akan jauh lebih bersih. Juga persoalan persampahan kita sudah tanggulangi hingga 2700 ton perhari, biasanya masuk ke Sungai Citarum dan anak-anak sungai dan ke laut. Kami juga laporkan progres dari 36 ribu hektar lahan kritis kita sudah hijaukan, dari target 90 ribu hektar diakhir program pada tahun 2025,” urainya.

Lebih lanjut Ridwan Kamil juga menyampaikan bahwa Menko Marves memberikan apresiasi atas kinerja dari Dansektor dalam penataan daerah aliran anak-anak Sungai Citarum.

“Menko Marves memberikan apresiasi atas kinerja khususnya Dansektor-Dansektor dalam penataan daerah anak-anak sungai yang dijadikan pemukiman ilegal yang menyebabkan banjir,” ungkapnya.

Pantauan dari sorotindonesia.com, kegiatan penataan bantaran anak Sungai Citarum dari bangunan liar atau ilegal yang sudah dilakukan ini berada di Sungai Cidurian, Kota Bandung, dan Sungai Citepus, Kabupaten Bandung. Selain juga penataan bangunan liar di sejumlah titik di Sungai Citarum.

“Kami sampaikan juga kepada Bapak Menko Marves, berharap Bapak Presiden bisa hadir pada bulan November atau Desember untuk kita memberikan laporan langsung kepada Bapak Presiden terkait kemajuan Sungai Citarum, termasuk infrastruktur-infrastruktur dan retensi air,” tandas Ridwan Kamil.

[st]

Comments

comments