Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 Karbak Di Anak Sungai Cibeureum

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 Karbak Di Anak Sungai Cibeureum

CIMAHI,- Guna mengantisipasi kebersihan dan kelancaran aliran sungai, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13/Cimahi Selatan bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan karya bhakti (karbak) di anak Sungai Cibeureum yang melintas di Kelurahan Melong, Kota Cimahi.

Sasaran pembersihan adalah timbulan sampah dan tanaman liar yang mengotori dan mengganggu badan air.

“Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 Sub-13/Cimahi Selatan bersama warga pelopor melaksanakan giat karbak pembersihan timbulan sampah dan rumput disalah satu lokasi anak Sungai Cibeureum yang berada di RT 03 RW 03 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan,” jelas Serka Lilik Pudji Widodo, Senin (8/3/2021).

“Sungai yang dibersihkan kurang lebih sepanjang 40 meter,” tambahnya.

Kondisi area sungai yang telah dibersihkan tersebut, sebelumnya terdapat sampah yang menumpuk. Hasil yang dikumpulkan dalam kegiatan karbak kurang lebih sebanyak 70 kilogram sampah.

“Hasil karbak hari ini kurang lebih 70 kg sampah yang diangkat dari sungai kemudian dibakar, dan sebagian dimasukan ke dalam karung untuk selanjutnya diangkut oleh dinas kebersihan Kota Cimahi,” terang Serka Lilik.

Produksi sampah yang masuk ke aliran sungai yang ada di Kota Cimahi ini, umumnya meningkat seiring dengan turunnya hujan deras. Meski dinilai volume sampahnya sudah lebih berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun keberadaan sampah di permukaan sungai ini membuktikan masih adanya warga yang belum sadar atau peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Ya, kita mengajak warga masyarakat untuk mengembalikan lagi kehidupan ekosistem di aliran sungai dan selalu menjaga kelestarian sungai supaya tetap bersih, tidak boleh dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, karena akan berakibat sungai kotor, bau dan mampet, lalu berpotensi banjir,” ajak Serka Lilik.****

Comments

comments