Tahapan Pilkada Di Masa Pandemi, Panwaslu Kendal Dibekali APD

oleh -
Tahapan Pilkada Di Masa Pandemi, Panwaslu Kendal Dibekali APD
[Foto: dok.ist]

SorotIndonesia.com , Kendal – Masa pemilihan bupati (Pilbup) Kendal memang belum dimulai, meski demikian para bakal calon yang akan berkontestasi dalam pemilihan menjadi orang nomor satu di Kendal sudah giat turun ke masyarakat. Pun demikian, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal tengah bersiap menyambut gelaran demokrasi 5 tahunan itu.

Hal ini dimulai dengan pemberian ratusan paket Alat Pelindung Diri (APD) kepada Panwaslu adhoc yang akan dipergunakan untuk melindungi diri dari Covid-19 selama melakukan pengawasan. Penggunaan APD di masa pandemi ini menjadi perangkat wajib yang harus digunakan pengawas selama bertugas mengawasi tahapan Pilkada 2020.

“Sebanyak 469 APD kami distribusikan. Sejumlah 160 paket APD untuk Panwaslu Kecamatan dan 286 paket untuk Panwaslu Kelurahan/Desa. Juga ditambah APD untuk jajaran pengawas di kabupaten sebanyak 23 paket,” kata Korsek Bawaslu Kendal Sri Wahyuning dalam siaran pers yang diterima sorot indonesia, Senin (13/7/2020).

Dijelaskannya, paket APD yang disediakan sekretariat Bawaslu Kendal berisi paket standar sederhana sebagaimana digunakan oleh masyarakat. “Paket yang kami bagikan hari ini berisi masker, hand sanitizer, vitamin, face shield dan sarung tangan untuk Panwaslu Kelurahan/Desa. Sedangkan Panwaslu Kecamatan kami tambah termometer infrared atau biasa disebut termogun,” terangnya..

BPP Bawaslu Kendal Asih Ludfiana menambahkan, pembagian APD merupakan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 bagi pengawas Pemilu/Pilkada saat bertugas. “APD ini kami berikan untuk memenuhi standar protokol kesehatan pengawas. Karena giat pengawas itu banyak di lapangan, maka beresiko terhadap Covid-19. Kami ingin jajaran kami terlindungi saat bertugas,” katanya.

Dia menegaskan, sejauh ini jajaran Bawaslu di Kabupaten Kendal masih terlindungi dari Covid-19. “Kami saat ini masih bisa dibilang aman. Tetapi tidak bisa tidak mengatakan tidak beresiko. Oleh karena itu kami harus disiplin menjaga diri,” pungkasnya. (ARH)

Comments

comments