Satgas Citarum Sektor 21 Hadiri Sosialisasi Program Sanimas SPALDT Di Pesantren Baitul Izza Cimahi

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Hadiri Sosialisasi Program Sanimas SPALDT Di Pesantren Baitul Izza Cipageran

CIMAHI,- Satgas Citarum Harum Sektor 21 menghadiri kegiatan sosialisasi pembangunan Sanimas SPALDT (Sarana Pengolahan Air Limbah Domestik) atau septictank komunal Program Citarum Harum TA 2021 yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Baitul Izza, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (15/3/2021).

Fasilitas SPALDT yang akan dibangun ini rencananya akan mengintegrasikan rumah warga yang berada di RT 01 RW 16, Kelurahan Cipageran.

Pembangunan SPALDT ini merupakan program padat karya yang berkelanjutan sejak digulirkannya Program Citarum Harum dalam rangka menekan tingkat pencemaran ke badan air dan diharapkan turut membawa dampak bagi perilaku warga masyarakat terhadap lingkungan.

Permasalahan yang dihadapi DAS Citarum ini, selain lahan kritis di kawasan hulu, limbah industri, sedimentasi, bangunan liar, sampah, juga kotoran hewan dan tinja.

Pemerintah daerah sebetulnya sudah mengeluarkan beragam instrumen berupa peraturan yang membatasi warga masyarakat untuk tidak mengotori lingkungan yang berdampak pada infrastruktur sungai dan kesehatan masyarakat. Namun demikian persoalan yang terlanjur timbul terkait dengan kebiasaan, tidak bisa serta merta merubah perilaku tersebut dengan peraturan.

Bukti empirisnya adalah masih ditemukan sampah dan juga tinja di aliran sungai, meski dari waktu ke waktu saat ini volumenya terus berkurang.

Sehingga pada Program Citarum Harum ini, salasatu solusi percepatannya adalah dengan membangun sanitasi masyarakat (Sanimas) dalam bentuk septictank komunal di daerah pemukiman, dengan mengacu pada indikator angka rawan sanitasi.

“Tentunya kita akan ikut membantu program Sanimas Citarum Harum ini mulai dari sosialisasi hingga pelaksanaannya nanti,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin melalui Dansubsektor 21-14 Serka Zaenal.

Rencananya pembangunan SPALDT bagi masyarakat ini berlokasi di Pondok Pesantren Baitul Izza.

Acara sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari PUPR Prov. Jawa Barat, Bapak Shihab, yang menyampaikan materi tentang Manfaat dari Program Sanimas Bagi Masyarakat, kemudian Ibu Rita yang memaparkan terkait dengan Teknik Pembangunan Sanimas.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, antara lain Camat Cimahi Utara, Lurah Cipageran, Puskesmas Cipageran, serta kurang lebih 25 orang perwakilan warga.

Kegiatan juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

[st]

Comments

comments