Walikota Cimahi Resmikan SPALDT Di Cibeureum

oleh -
Walikota Cimahi Resmikan SPALDT Di Cibeureum

CIMAHI,- Walikota Cimahi Ir. H. Ajay M Priatna, M.M., resmikan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) di Kelurahan Cibeureum RW 01, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Minggu (8/3/2020).

SPALDT atau septictank komunal yang diresmikan ini ada di dua titik, yakni di RT 05 dan RT 06 yang masing-masing berjumlah 52 SR (sambungan rumah) dan 58 SR yang berasal dari program Sanimas IsDB.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, diantaranya Camat Cimahi Selatan Hesti Hestiantina, Lurah Cibeureum Rika Martiana, pejabat dinas Pemkot Cimahi, Satgas Citarum Harum Sektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat yang diwakili Pasi Sektor 21 Lettu Inf Sukisworo, tokoh masyarakat, ketua KSM Mandiri, ketua KSM Bina Mandiri, warga masyarakat dan tamu undangan.

Ketua RW 01 Tahfat Syahroni pada sambutannya mewakili warga mengaku sangat gembira dengan kehadiran Walikota Cimahi Ajay M Priatna untuk peresmian dan penandatanganan prasasti septictank komunal di wilayah tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Walikota. Ini sudah kehendak Allah, Walikota bisa hadir dan berkenan meresmikan dan menandatangani prasasti, seperti yang warga harapkan,” ucap Tahfat sambil memuji kepemimpinan Camat Cimahi Selatan dan Lurah Cibeureum untuk pembangunan yang selama ini sudah terasa baik.

Senada dengan itu, Odih, atas nama ketua KSM Mandiri dan KSM Bina Mandiri juga berterimakasih kepada Walikota, Sanimas IsDB, Camat dan Lurah, Satgas Citarum Harum Sektor 21, TFL. “Terima kasih atas kepercayaan dan bimbingannya, sehingga pekerjaan ini terlaksana dengan baik,” kata Odih.

Penghibah tanah yang dimanfaatkan untuk IPAL komunal domestik, Reza, pada giliran sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya bisa turut berpartisipasi untuk kepentingan masyarakat. “Kami bersyukur tempat kami jadi tempat IPAL Komunal, sejak didirikan pada tahun 1996, TK Firdaus bercita-cita mempunyai kontribusi bagi kepentingan masyarakat,” ungkap Reza

Giliran selanjutnya, Walikota Cimahi, Ir. H. Ajay M. Priatna, M.M., pada sambutannya mengatakan, “Kami bersyukur dan berbahagia bisa hadir dan bersilaturahmi dengan masyarakat RW 01 Kelurahan Cibeureum dalam rangka peresmian SPALDT Sanimas IsDB,” ucapnya.

“Salasatu cita-cita Pemerintah Kota Cimahi adalah bagaimana pemerintah ini selalu ada, selalu hadir, dan selalu bersama dengan masyarakat secara manfaat. Lurah menjalankan fungsinya dan mengayomi dan membantu masyarakatnya, di mana masyarakat menginginkan atau menyampaikan keperluan-keperluannya, demikian juga camat. Pemerintah harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Walikota.

Dijelaskan lebih lanjut, “RW 01 ini sangat padat, terdiri dari 6 RT, memang harus diakui belum semua masyarakatnya memiliki kesadaran untuk lingkungan bersih dan sehat. Terbayang jika sebagian masyarakatnya yang belum memiliki septictank, buangnya kemana, yang dampaknya kepada masyarakat yang lain, itu yang membuat lingkungan tidak sehat,” jelasnya.

“Oleh karena itu, salasatu fungsi pemerintah adalah bagaimana memfasilitasi persoalan ini, membereskan segala ketidaknyamanan oleh masyarakat Kota Cimahi,” ujar Ajay M. Priatna sambil berharap warga masyarakat dapat bekerjasama dan membantu program pemerintah terkait lahan yang diperlukan untuk kepentingan masyarakat untuk mengatasi banjir dan IPAL komunal domestik.

“Tahun 2020 pemerintah Kota Cimahi sudah menganggarkan 17 miliar rupiah untuk pengadaan IPAL komunal domestik,” terangnya.

Usai doa dan sambutan-sambutan, kegiatan kemudian berlanjut ke acara peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

[St]

Comments

comments