Satgas Citarum Sektor 21 Citepus Bersihkan Sungai Dan Pelopori Pungut Sampah

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Citepus Bersihkan Sungai Dan Pelopori Pungut Sampah

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Mengantisipasi menumpukmya sampah yang menyangkut di permukaan sungai, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 07 bersama warga pelopor kebersihan bahu membahu mengangkat sampah dan tanaman liar yang tumbuh di dinding penahan Sungai Citepus, Dayeuhkolot, (22/11/2020).

Kegiatan selepas apel pengecekan tersebut, mengambil sasaran pembersihan sampah dan tanaman liar di Kampung Bojongsuren, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot.

Berbekal tangga yang cukup tinggi untuk mencapai permukaan dasar sungai dan mengangkat tumbuhan liar di dinding kirmir dengan bantuan peralatan sederhana, anggota Satgas dan pelopor kebersihan menyisir sungai.

“Kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06, Melaksanakan pembersihan di Kampung Bojongsuren, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan DayeuhKolot, dengan hasil bersihnya sampah di permukaan yang ada di aliran sungai dan rumput liar, ilalang, semak belukar dan tumbuhan yang hidup liar dan pengangkatan sampah,” jelas Sertu Mustofa.

Sepanjang kegiatan tersebut, menurut Sertu Mustofa, sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak kurang lebih 100 Kg.

“Sampah yang terkumpul kurang lebih 100 kilogram,” ujarnya.

Anggota satgas juga kemudian mempelopori kegiatan memungut dan mengambil sampah untuk dibuang ke bak sampah terdekat sambil melaksanakan pengawasan.

Selanjutnya, jajaran satgas melaksanakan giat patroli sungai guna pencarian limbah industri. Dengan hasil, bersihnya sungai tidak tercemar air limbah dan tumpukan sampah yang berada di bantaran maupun di aliran Sungai.

Seusai patroli dan ishoma, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06 kemudian melaksanakan giat komsos untuk mengajak warga masyarakat supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai, menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai.

Comments

comments