Pemilihan Ketua RW Serentak Di Kelurahan Cibeureum Cimahi Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

oleh -
Pemilihan Ketua RW Di Kelurahan Cibeureum Cimahi Terapkan Protokol Kesehatan Ketat
Udan, Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 27 Kelurahan Cibeureum, saat diwawancarai oleh wartawan, Minggu (22/11/2020).

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Meski masih dalam status zona merah Covid-19, pelaksanaan pemilihan Ketua RW (Rukun Warga) serentak di sejumlah wilayah Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, tetap dilaksanakan secara langsung ke tempat pemungutan suara, Minggu (22/11/2020).

Pemilihan Ketua RW ini mengikuti arahan surat yang dikeluarkan oleh Kelurahan Cibeureum dalam penyelenggaraan pemilihan pengurus RW dan RT sesuai Peraturan Walikota Cimahi No. 31 tahun 2015.

Pantauan awak media di sejumlah tempat pemilihan langsung tersebut, tampak protokol kesehatan dilakukan cukup ketat di RW 11, RW 15 dan RW 27.

Di RW 27 misalnya, masyarakat yang diizinkan masuk ke lokasi pemilihan adalah yang membawa surat undangan untuk memilih dan diwajibkan menggunakan masker. Selain itu disediakan tempat mencuci tangan, termasuk diantaranya bilik suara serta kursi tempat menunggu yang diberikan jarak.

Dikonfirmasi oleh pewarta kepada Lurah Cibeureum, Achmad Suparlan, terkait dengan arahan protokol kesehatan pada proses pemilihan Ketua RW ini, dikatakannya bahwa sosialisasi sudah gencar dilaksanakan agar tahapan pemilihan Ketua RT dan RW di Kelurahan Cibeureum tidak menjadi potensi klaster baru kasus terkonfirmasi Covid-19.

“Kami dari pihak kelurahan tidak bosan-bosannya mengingatkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19,” kata Achmad Suparlan melalui pesan singkatnya.

Pada kesempatan terpisah, Panitia Pemilihan Ketua RW 27, Udan, menjelaskan untuk protokol kesehatan telah disiapkan sesuai arahan, “Sebelum melaksanakan kegiatan, kita menyemprotkan disinfektan di area pemilihan, dan semua pemilih diwajibkan memakai masker, disinipun disediakan tempat untuk mencuci tangan,” jelasnya.

Untuk menghindari kerumunan, lanjutnya, warga yang datang untuk menggunakan hak pilihnya pun dibagi berdasarkan waktu per RT. “Cara pemilihan untuk mengurangi kerumunan, diatur satu-satu RT,” ujarnya.

Diterangkannya lebih lanjut bahwa warga yang berpartisipasi dalam pemilihan Ketua RW 27, sesuai pendataan jumlahnya ada sekitar 1.000 orang dari 9 RT.

“RW 27 ada 9 RT dengan jumlah pemilihnya yang terdata hampir 1.000 orang, sebisa mungkin pada kegiatan ini 99 persen warga menggunakan hak pilihnya,” harap Udan.

Alhamdulillah, tadi sudah masuk 920 pemilih dan apa yang disarankan oleh panitia terkait protokol kesehatan dilaksanakan oleh warga,” pungkasnya.

Pemilihan Ketua RW serentak di Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, turut dipantau oleh aparatur kewilayahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Pelantikan Ketua RW terpilih untuk periode tahun 2020-2025 ini di RW 01, RW 11, RW 13, RW 15, RW 20, RW 21, dan RW 27 Kelurahan Cibeureum, dijadwalkan paling lambat pada tanggal 27 November 2020.

[st]

Comments

comments