Satgas Citarum Sektor 21 Cidurian Bersihkan Sampah Dan Tanaman Liar Di Babakan GBI

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Cidurian Bersihkan Sampah Dan Tanaman Liar Di Babakan GBI

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 04 bersama dengan warga pelopor kebersihan giat korve rutin di Sungai Cidurian, mengantisipasi hambatan aliran air akibat sampah dan tanaman liar.

Seperti yang dilaksanakan pada hari, Kamis (19/11/2020). Usai apel pengecekan personel, anggota satgas beserta warga pelopor kebersihan melaksanakan pembersihan di daerah aliran Sungai Cidurian Kampung Babakan GBI RT 03 RW 11, Desa Buah Batu, Kecamatan Bojongsoang.

Sasarannya adalah sampah dan tanaman liar yang tumbuh di dasar permukaan serta dinding penahan sungai.

“Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 04 dan warga pelopor kebersihan melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin pembersihan rumput dan tumbuhan liar yang tumbuh di dinding tembok Sungai Cidurian di Kampung Babakan GBI RT 03 RW 01, Desa Buah Batu, Kecamatan Bojongsoang,” jelas Pelda Yahuza.

“Panjang aliran sungai yang dibersihkan kurang lebih 50 meter dan sampah yang dikumpulkan sekitar 100 kilogram, setelah kering langsung dibakar,” tambahnya.

Tampak sebelum dibersihkan, di beberapa titik permukaan sungai terdapat tanah sedimentasi yang timbul dan ditumbuhi rumput yang berpotensi menumpuknya sampah dan pendangkalan.

Peralatan korve juga menggunakan alat sederhana, seperti cangkul, arit, garpu rumput.

Selesai korve dan ishoma, anggota satgas kemudian melaksanakan patroli.

Dilanjutkan kegiatan komunikasi sosial kepada warga masyarakat di Jalan Rancasari Babakan GBI Rt 03 Rw 01 dan di Kampung Ranca Oray Rt03 Rw02, Desa Buah Batu, Kec Bojongsoang, serta warga yang bertempat tinggal sekitar DAS Sungai Cidurian, Kali Cipeso dan Ciasup.

“Ya, pada giat komsos kami menyampaikan kepada warga agar selalu menjaga kebersihan sungai dan kali yang berada disekitar tempat tinggal/rumahnya, selain itu melarang buang sampah sembarangan,” jelas Pelda Yahuza.

“Disamping itu, kami juga menyampaikan sosialisasi tentang bahaya virus corona atau Covid-19. Kami mengimbau warga untuk mengikuti instruksi pemerintah dalam new normal atau Adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya.

[st]

Comments

comments