Satgas Citarum Hadirkan Taman Edukasi Di Bantaran Citepus Bojongsuren

oleh -
Satgas Citarum Hadirkan Taman Edukasi Di Bantaran Citepus Bojongsuren

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06/Citepus disela kegiatannya patroli sungai, namun juga berupaya menuntaskan pembuatan taman edukasi yang berada tidak jauh dari bantaran Sungai Citepus, wilayah Bojongsuren RW 11, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Sabtu (23/2/2019).

Terlebih lagi pada hari ini, Subsektor 06 mendapatkan bantuan sebanyak 6.000 buah paving block dari partisipan untuk penyelesaian taman edukasi yang akan dimanfaatkan bagi warga masyarakat.

“Hari ini kami melanjutkan pembuatan taman edukasi Citarum Harum, kelak taman ini bila sudah selesai dikerjakan, bisa dimanfaatkan oleh warga untuk ragam aktifitas. Termasuk gazebo atau pos yang sekarang sudah jadi,” terang Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Dansubsektor 21-06 Pelda Edy Purwanto kepada wartawan.

Kegiatan juga dilanjutkan dengan mengajak perwakilan warga masyarakat ke bak sampah bakar hasil karya jajaran Sektor 21 Subsektor 06/Citepus. Pada kesempatan tersebut, Dansubsektor Pelda Edy Purwanto menunjukkan contoh cara mengelola dan memusnahkan sampah.

“Ya, kita harap warga masyarakat juga bisa memahami dalam hal pengelolaan sampah ini, agar tidak lagi ditumpuk atau dibuang dengan sembarangan,” jelas Edy.

Dijelaskan lagi oleh Edy, tugas rutin yang dilakukan pihaknya senantiasa dilaksanakan, baik itu patroli sungai untuk meminimalisir titik penumpukan sampah, juga dengan waktu yang tidak tentu mengecek saluran pembuangan limbah pabrik.

“Untuk pengecekan saluran pembuangan limbah pabrik, kita laksanakan dengan waktu yang tidak tentu, bisa pagi, siang, malam atau subuh. Kita tidak mau pabrik kucing-kucingan dalam mengeluarkan limbahnya ke aliran sungai,” tegas Edy.

Saat ini yang senantiasa dilakukan adalah melaksanakan komsos dengan masyarakat, mengajak supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai, serta menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai.[St]

Comments

comments