Sanimas IPAL Komunal Domestik Citarum Harum Di Desa Sukadana Sumedang, Meski Belum Rampung Tapi Sudah Terlihat Unik

oleh -
Sanimas IPAL Komunal Domestik Citarum Harum Di Desa Sukadana Sumedang, Meski Belum Rampung Tapi Sudah Terlihat Unik

SUMEDANG,- Ada saja cara kelompok swadaya masyarakat dalam menyalurkan ide kreatifnya agar bangunan sarana Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) atau IPAL komunal domestik Citarum Harum yang sedang dikerjakannya bisa menarik perhatian dan multi guna kedepannya.

Seperti halnya pembangunan sarana Sanimas di Kampung Cipareuag RT 01 RW 05 Desa Sukadana, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Tampak bangunan yang masih dalam proses pekerjaan oleh kelompok swadaya masyarakat Sukadana Resik ini wujudnya unik, yakni perahu.

“Ya, ini karena melihat kondisi lokasinya yang dekat dengan hamparan pesawahan yang cukup luas dan dekat dengan aliran sungai, dan teringat dengan lautan. Jadi kita diskusikan bentuknya bagaimana, sehingga dipilihlah bentuk perahu,” kata Ketua KSM Sukadana Resik, Asep Abdurachman, melalui tokoh warga setempat selaku pengawas, Iding Suhendri, Jumat (13/8/2021).

Dengan bentuknya yang unik ini, diharapkan oleh tokoh warga ini bisa menjadi salasatu ikon di lingkungan Kampung Cipareuag.

“Tempat ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk selfie. Selain digunakan juga untuk pos kamling serta kegiatan posyandu yang saat ini masih terfokus di rumah warga,” ungkapnya didampingi TFL Sanimas Sukadana dan personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 yang datang melakukan pemantauan.

Bangunan sarana Sanimas ini sendiri belum 100 persen rampung, karena masih dalam progress penyelesaian.

“Pembangunan Sanimas ini sudah sekitar 85 persen. Pekerjaan berikutnya adalah pemasangan keramik, atap dan asesoris kelengkapan lainnya. Untuk saluran perpipaan jalur utama sudah hampir rampung, tinggal integrasi ke sambungan rumah (SR),” tambah Iding Suhendri yang juga Ketua DKM.

Menurut Iding, keberadaan sarana Sanimas yang akan mengintegrasikan 75 SR yang meliputi 83 KK ini disambut baik oleh warga, karena fungsinya yang multi manfaat. Dan pekerjaan Sanimas di RW 05 Desa Sukadana ini merupakan program kedua, setelah pada tahun 2020 lalu yang berada di RW 08.

“Berkaca dari pembangunan Sanimas sebelumnya di RW 08, alhamdulillah, untuk masyarakat disini dengan adanya Sanimas sambutannya sangat antusias. Kondisi sebelumnya, masyarakat sering dihadapkan dengan masalah di selokan-selokan kecil, diantaranya air dari buangan rumah tangga sering tergenang dan jadi tempat berkembangnya jentik nyamuk. Tapi dengan adanya Sanimas, lingkungan yang tadinya terkesan kumuh, sekarang sudah bersih. Dulu kan ada kebiasaan warga yang buang airnya ke kolam, setelah ada Sanimas, ditarik ke Sanimas, sekarang kolam menjadi pada bersih. Bahkan pemilik kolam pernah mengungkapkan, ikannya kini laris setelah tidak ada buangan kesana. Jadi, alhamdulillah setelah ada Sanimas ini lingkungan menjadi semakin bersih dan pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat,” urai Iding.

Ia juga pada kesempatan tersebut mengapresiasi dengan hadirnya Satgas Citarum yang bersama TFL senantiasa mendampingi KSM dalam melaksanakan pembangunan Sanimas tersebut.

“Dengan adanya Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15, terus terang kami sangat terbantu, baik dari sisi pekerjaan juga keamanan. Saya pribadi salut dengan Satgas Citarum disini yang dipimpin oleh Pak Erik (Serka Eri Krisyana), saat proses pekerjaan ada kendala karena adanya urugan yang yang ambrol, kami lapor untuk meminta masukan, alhamdulillah segera direspon dengan mengirimkan personilnya untuk membantu pekerjaan kami. Selain itu, dengan adanya Satgas Citarum ini telah meminimalisir benturan kita dengan aksi premanisme, sehingga pekerjaan berjalan dengan lancar,” ungkap Iding lagi.

Iding Suhendri (kedua dari kiri) bersama TFL Sanimas PUPR dan personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang.

Dadi Mulyadi (29), warga RW 05 Desa Sukadana yang sempat ditemui oleh pewarta, memberikan apresiasinya atas terbangunannya Sanimas di lingkungannya. “Alhamdulillah, adanya program Sanimas ini sangat membantu warga, terutama yang belum memiliki septictank, yang tadinya sembarang membuang, dengan adanya Sanimas ini bisa terfasilitasi. Mudah-mudahan bermanfaat,” ucapnya.

Terpisah, Serka Eri Krisyana berharap pembangunan sarana Sanimas di RW 05 Desa Sukadana ini berjalan lancar dan segera rampung.

“Ya, kami berharap pembangunan Sanimas untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan ini berjalan dengan lancar sesuai ketentuan, serta segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dan kedepannya setelah rampung, bisa dirawat dengan sebaik-baiknya agar sarana tersebut bisa tahan lama,” terangnya.

Comments

comments