Hadiri Hajat Bumi Pulomajeti Kota Banjar, Ini Yang Disampaikan Wagub Jabar

oleh -
Hadiri Hajat Bumi Pulomajeti Kota Banjar, Ini Yang Disampaikan Wagub Jabar

BANJAR, (SI) — Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Hajat Bumi yang digelar di Situs Budaya Pulomajeti Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar Jawa Barat, Jum’at (5/8/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, Ketua DPRD Kota Banjar H Dadang R Kalyubi, Kapolres Banjar, Kodim 0613/Ciamis, Kajari, tokoh dan para Pemangku Adat, Budayawan dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Wagub Jabar H Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemerintah sangat mengerti dan dan memahami tentang harapan serta keinginan para ketua dan pemangku adat.

“Saya sering diutus oleh Bapak Gubernur ke berbagai tempat dalam acara seperti ini, diantaranya di Cigugur Kabupaten Kuningan, Bogor, Cirebon dan hari ini di Kota Banjar. Kami paham, kami tau apa yang diinginkan para pemangku adat di Jawa Barat”, ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selaku pimpinan di Jawa Barat, ia mengucapkan terimakasih kepada para penggiat dan pemangku adat yang telah melestarikan adat budaya dan kebiasaan masyarakat Jawa Barat. “Ini adalah aset kami, ini adalah kekayaan kami dan ini adalah yang harus dilestarikan oleh kita semua”, tegasnya.

Menurutnya, dengan adanya para pemangku dan tokoh – tokoh adat semuanya mempunyai prinsip dalam kehidupannya, kami yakin prinsip – prinsip para pemangku dan tokoh – tokoh adat membawa kemaslahatan dan kemanfaatan untuk kita semua.

“Dengan lahir dan kuatnya para pemangku adat di daerah, Insya Alloh, di Jawa Barat akan lebih kuat silih asah, silih asih dan silih asuh tidak ada silih gasak, silih gesek dan silih gosok karena para pemangku adat sangat cinta dan kasih sayang sama sesamanya, walaupun ada perbedaan adat, budaya dan kebiasaan antara pemangku adat yang satu dengan pemangku adat yang lain”, ucapnya.

Ia berharap, walaupun ada perbedaan diantara pemangku adat yang satu dengan pemangku adat yang lain, tetapi kami yakin dengan tujuan yang sama yaitu menuju Jabar Juara.

Comments

comments