Pekerjaan Swadaya Masyarakat Program Citarum Harum, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

oleh -
Pekerjaan Swadaya Masyarakat Program Citarum Harum, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan
Warga sebelum melaksanakan tugasnya di pembangunan sarana TPS3R Citarum Harum, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, terlebih dahulu dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh Ketua KSM.

SUMEDANG,- Pemerintah melalui Kementerian PUPR meluncurkan program percepatan Citarum Harum, antara lain pembangunan sarana Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) SPALDT (Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat) atau septictank komunal serta TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle) yang dilaksanakan oleh kelompok swadaya masyarakat.

Program tersebut selain untuk menekan pencemaran lingkungan di aliran sungai, juga untuk meningkatkan kepedulian dan kesehatan masyarakat serta membantu ekonomi warga yang terdampak di masa pandemi Covid-19 ini.

Salasatu proyek tersebut diantaranya pekerjaan sarana TPS3R yang berada di Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, yang dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Sindang Jaya Mekar yang diketuai oleh Wawan.

“Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dari pemerintah,” kata Wawan kepada pewarta saat ditemui di lokasi.

Dikatakan oleh Wawan bahwa fasilitas yang sedang dibangun tersebut sangat bermanfaat bagi warga.

“Sarana TPS3R Citarum Harum ini sangat dinanti oleh masyarakat guna meningkatkan kebersihan lingkungan agar lebih asri,” tambahnya.

Diungkapkan oleh Wawan yang juga menjabat sebagai Ketua RW 07 Desa Sindangpakuon bahwa pada proses pekerjaan sarana TPS3R ini, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Ya, meskipun yang pekerja pada pembangunan sarana TPS3R ini adalah warga sekitar, tetapi tetap kami terapkan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan pengecekan suhu sebelum masuk ke lokasi pekerjaan,” ungkapnya, Minggu (30/5/2021).

Ini dimaksudkan agar para pekerja aman dari serangan musuh yang tidak terlihat, yakni virus corona yang setiap saat mengintai.

Tetapi pelaksanaan protokol kesehatan di pekerjaan pembangunan TPS3R ini bukan tiada kendala, namun bisa cepat diantisipasi.

“Kendalanya ada, seringkali warga yang sedang bekerja merasa terganggu dengan adanya masker. Jadi, masker dilepas jika titik pekerjaannya berjauhan atau kala istirahat,” ujar Wawan yang pada pelaksanaan pekerjaan tersebut mendapat pendampingan dari TFL PUPR dan anggota Satgas Citarum Harum.

Penerapan protokol kesehatan ini juga tidak lepas dari imbauan Kepala Desa Sindangpakuon, Yudi Hamdansyah.

“Selalu ada himbauan dan diarahkan kepada ke semua RW, RT dan Kepala Dusun, dalam rangka mengantisipasi Covid-19,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Protokol kesehatan ini juga seturut pantauan pewarta tampak di pekerjaan Sanimas SPALDT Citarum Harum di Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Warga yang sedang bekerja, selain menggunakan kelengkapan seperti helm proyek, juga menggunakan masker.

“Ya, kita antisipasi. Jadi warga yang bekerja disini menggunakan masker, juga kita sudah siapkan fasilitas untuk mencuci tangan berikut sabun,” kata Ketua KSM Karya Nyata, Hendrik Sopian.

[st]

Comments

comments