Le Minerale Sumbang Sepeda Motor Roda Tiga Pada Acara Sosialisasi Peduli Sampah Di Posko Sektor 9 Citarum Harum Batujajar

oleh -
Le Minerale Sumbang Sepeda Motor Roda Tiga Pada Acara Sosialisasi Peduli Sampah Di Posko Sektor 9 Citarum Harum Batujajar

KBB,- DLHK Pemkab Bandung Barat menggelar kegiatan sosialisasi peduli sampah dan edukasi pilah sampah yang dipusatkan di kawasan Posko Sektor 9 Satgas Citarum Harum, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Senin (29/3/2021).

Kegiatan bertajuk Merawat Pertiwi tersebut, turut dihadiri antara lain oleh Komandan Sektor 9 Satgas Citarum Kolonel Czi Raflan, Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan, Kepala DLHK KBB, Muspika Batujajar, Kepala Desa Galanggang, jajaran Karang Taruna Desa Galanggang, perwakilan pelaku usaha, tokoh masyarakat dan warga.

Selain diisi dengan gerakan pungut sampah di kawasan Posko Sektor 9 Satgas Citarum yang dulu terkenal dengan sebutan daerah lautan sampah dan eceng gondok, momentum tersebut juga dilaksanakan penanaman bibit pohon di bantaran Sungai Citarum.

Menariknya, Le Minerale, merek air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya yang merupakan anak perusahaan dari Mayora Indah yang turut hadir pada acara itu, berkesempatan secara simbolis menyerahkan satu unit sepeda motor roda tiga dan sejumlah tenda untuk mendukung penanganan sampah di lingkungan tugas Sektor 9 Satgas Citarum.

“Hari kita hadir pada kegiatan sosialisasi peduli sampah dan edukasi pilah sampah, kita support,” ucap Andri, Area Sales Promotion Manager area Jawa Barat yang turut rembuk di lokasi kegiatan.

“Pada kesempatan ini kami juga menyerahkan satu unit sepeda motor roda tiga untuk dimanfaatkan mengangkut sampah. Kebetulan peruntukannya untuk di kawasan ini,” terangnya.

Dijelaskan lagi oleh Cep Andri, ia selaku pribadi dan perusahaan sangat berharap sampah yang bertebaran di daerah aliran sungai bisa teratasi dan terus berkurang agar bisa meningkatkan kebersihan lingkungan dan kesehatan serta kenyamanan masyarakat.

“Harapan kami, tentunya sampah dapat dikelola dengan baik mulai dari sumber, sesuai dengan tema hari ini adalah peduli sampah dan pilah sampah. Jadi kedepannya sampah itu lebih bisa dimanfaatkan, terutama sampah-sampah plastik yang berpotensi mengganggu ekosistem. Inti kedepannya adalah bersih lingkungan dan Citarum kembali harum,” harapnya.

Terkait dengan produknya yang juga berbahan kemasan plastik, Andri menjelaskan, “Alhamdulillah, kita di perusahaan menggunakan jenis plastik yang ramah lingkungan, yakni jenis PET berkualitas. Ciri-cirinya adalah botolnya bening, itu mudah didaur ulang dan bernilai ekonomis. Termasuk kemasan galon yang kita launching dari sejak bulan Juni di Jawa Barat, hingga kini saya jarang melihat ada galon itu di tempat sampah. Artinya, sampah galon itu bernilai jual,” terangnya.

Terpisah, Komandan Sektor 9 Satgas Citarum Kolonel Czi Raflan kepada awak media menjelaskan, “Hari ini kami bersinergi dengan Pemkab Bandung Barat melaksanakan kegiatan dalam rangkaian memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, yakni sosialisasi peduli sampah dan edukasi pilah sampah kepada warga masyarakat,” jelasnya.

“Kegiatannya ini antara lain pembersihan sungai dan bantaran di sekitar waduk Saguling. Sehingga diharapkan dengan melihat langsung kondisinya, menumbuhkan kesadaran dan kepedulian dari masyarakat,” ucap Kolonel Czi Raflan.

Kegiatan kolaboratif ini, harapan dari Kolonel Czi Raflan terus meningkat, sehingga mindset masyarakat terhadap lingkungan yang biasanya suka membuang sampah sembarangan, berangsur berubah.

“Pola hidup bersih dan sehat yang diterapkan, lambat laun akan diikuti dengan rasa tanggung jawab, sense of belonging dan sense of responsibility terhadap lingkungan. Jadikanlah daerah aliran sungai itu menjadi pusat peradaban. Kita jaga alam, alam jaga kita,” ujar Kolonel Czi Raflan.

Terkait dengan kunjungan pimpinan darah Kabupaten Bandung Barat ke kawasan konservasi Posko Sektor 9 Satgas Citarum, dikatakannya, “Wakil Bupati tadi juga menyampaikan akan mendukung mewujudkan tempat ini menjadi destinasi wisata. Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup akan membantu disini bekerjasama dengan Satgas Citarum. Harapannya tentu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

“Ini akan dikomunikasikan dengan Waduk Saguling sebagai yang punya tempat, Sektor 9 Satgas Citarum prinsipnya siap membantu dan bekerjasama mewujudkan apa yang menjadi harapan bersama,” pungkas Kolonel Czi Raflan.

[st]

Comments

comments