Kolaborasi Karang Taruna Dan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor Cicalengka, Angkat Timbulan Sampah Di Sungai Cibodas

oleh -
Kolaborasi Karang Taruna Dan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor Cicalengka, Angkat Timbulan Sampah Di Sungai Cibodas

KAB. BANDUNG,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16/Cicalengka bersama Karang Taruna Desa Babakan Peuteuy, melaksanakan giat kolaborasi karya bhakti membersihkan dan mengangkat timbulan sampah di anak Sungai Cibodas, Jumat (1/10/2021).

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16/Cicalengka bersama anggota Karang Taruna Desa Babakan Peuteuy melaksanakan kegiatan apel sebelum karya bhakti.

Tampak di lapangan sebelum kegiatan, sampah beragam jenis mencemari badan air dan berpotensi mengganggu aliran sungai dan banjir yang kerap menghantui warga.

“Kita hari ini melaksanakan kegiatan pembersihan daerah aliran Sungai Cibodas di Kampung Pangbarakan, Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka bersama Karang Taruna Desa Babakan Peuteuy,” jelas Pelda Bernando Cavio.

Menggunakan peralatan sederhana, kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan tersebut berhasil mengangkat sekitar 240 kilogram sampah.

Alhamdulillah, pada kegiatan kali ini sampah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih 240 kilogram. Aliran sungai kembali lancar. Mudah-mudahan tidak ada lagi warga yang membuang sampahnya kesini (sungai),” kata Bernando.

Kondisi lokasi karya bhakti daerah aliran Sungai Cibodas di Kampung Pangbarakan setelah dibersihkan.

Menurut warga setempat, Ujang (61), di lokasi karya bhakti sering banyak sampah yang datang dari arah hulu dan pasar.

“Disitu suka banyak sampah, datangnya dari arah pasar dan menyangkut di situ,” kata Ujang sambil menunjuk anak sungai yang bermuara ke Sungai Cibodas.

Diakui oleh Ujang bahwa kegiatan karya bhakti oleh Satgas Citarum juga sering dilakukan di lokasi tersebut.

“Iya, Satgas sering bebersih disitu, tapi sampah suka datang lagi, apalagi kalau hujan,” ungkapnya.

Ia berharap warga masyarakat dari arah hulu Sungai Cibodas kesadaran dan kepeduliannya meningkat agar tidak ada lagi timbulan sampah.

“Harapan kami sih, sampah di sungai semakin berkurang. Karena dampaknya kami juga yang ikut merasakan, terlebih saat banjir,” harapnya.

[st]

Comments

comments