Ini Progress Pembangunan Sanimas Citarum Harum Di Kampung Pakuluran Sindanggalih

oleh -
Ini Progress Pembangunan Sanimas Citarum Harum Di Kampung Pakuluran Sindanggalih

KAB. SUMEDANG,- Pembangunan sarana Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) atau septictank komunal domestik Citarum Harum di Kampung Pakuluran RT 02 RW 02, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, kini telah mencapai kurang lebih 65 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 yang melaksanakan kegiatan pengecekan ke lokasi pembangunan.

Alhamdulillah, saat ini progress pembangunan Sanimas di Kampung Pakuluran, Desa Sindanggalih, sudah mencapai sekitar 65 persen. Hari ini yang sedang dikerjakan adalah penggalian saluran pipa dan grease trap dari rumah ke rumah yang akan terintegrasi ke bak IPAL komunal domestik,” kata Serka Eri Krisyana, (7/8/2021).

“Sesuai perintah dari Dansektor 21 Kolonel Arm Nursamsudin, kami akan turut mengawasi agar pekerjaan untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan ini berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Keberadaan Sanimas ini diharapkan dapat menekan pencemaran limbah domestik (tinja) di aliran sungai, dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

Pekerjaan Sanimas yang dilaksanakan oleh kelompok swadaya masyarakat ini, untuk hari ini melibatkan 12 orang warga.

“Ya, tentunya harapan kita bersama Sanimas ini segera rampung dan terasa manfaatnya oleh masyarakat dan lingkungan,” pungkas Serka Eri yang juga kerap membantu secara fisik pembangunan Sanimas dan TPS3R Citarum Harum di wilayah tugasnya.

Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, pada program Citarum Harum tahun 2021 mendapatkan alokasi pembangunan sarana Sanimas di dua titik. Yakni di Kampung Pakuluran dan di Kampung Cinta Mulya.

Comments

comments