Progress Pembangunan TPS3R Citarum Harum Di Desa Dampit Cicalengka Capai 40 Persen

oleh -
Progress Pembangunan TPS3R Citarum Harum Di Desa Dampit Cicalengka Capai 40 Persen

KAB. BANDUNG,- Pembangunan sarana TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle) Citarum Harum di Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, kini progress-nya telah mencapai kurang lebih 40 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 saat melaksanakan giat pengecekan ke lokasi pembangunan TPS3R yang kedepannya akan mengakomodir sampah rumah tangga dari warga beberapa RW.

“Saat ini progress pembangunan sarana TPS3R Citarum Harum di Dusun Dumusdao RT 03 RW 07, Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, telah mencapai sekitar 40 persen. Pengerjaan hari ini adalah pemasangan kusen pintu dan pemasangan dinding hable,” kata Pelda Bernando Cavio, (7/8/2021).

Pekerjaan yang melibatkan kelompok swadaya masyarakat yang telah dimulai pada bulan Juni 2021, ditargetkan rampung dan bisa digunakan tahun ini juga oleh masyarakat.

“Jumlah pekerja yang dilibatkan saat ini sekitar 10 orang warga. Ya, mudah-mudahan pembangunannya berjalan dengan lancar dan segera tuntas agar bisa terasa manfaatnya oleh masyarakat dan lingkungan,” jelas Pelda Bernando.

Desa Dampit sendiri merupakan kawasan hulu dari Sungai Cibodas yang merupakan salasatu bagian DAS Citarum. Diharapkan dengan keberadaan TPS3R, bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan mengurangi pencemaran yang berasal dari timbulan sampah di aliran sungai.

Saat ini Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16, turut mengawasi pembangunan sarana TPS3R dan Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) Citarum Harum di 11 titik lokasi yang tersebar di 3 kecamatan, antara lain di Kecamatan Cicalengka, Kecamatan Nagreg, dan Kecamatan Cikancung.

Comments

comments