Dir Binmas Polda Jabar Buka Kegiatan Diklat Bagi 38 Personel Satpam Garda Pratama Di Tasikmalaya

oleh -
Dir Binmas Polda Jabar Buka Kegiatan Diklat Bagi 38 Personel Satpam Garda Pratama Di Tasikmalaya

KOTA TASIK, (SI) — DirBinmas Polda Jabar Kombes Pol Supriyadi membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan Satpam Gada Pratama yang diikuti oleh 38 orang Satpam (Satuan Pengamanan) dari berbagai lembaga yang dilaksanakan oleh PT Rajawali Perkasa Jaya di SMA Perwari Kota Tasikmalaya.

Dengan adanya pendidikan dan pelatihan tersebut, DirBinmas Polda Jabar berharap, seorang petugas satpam mampu menjaga kondusifitas di lingkungan kerjanya. “Dengan pelatihan tersebut, mereka akan dibekali dengan kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam melakukan tugasnya di lapangan sebagai kepanjangan tangan tugas kepolisian kewenangan terbatas,” terang Kombes Pol Supriyadi kepada wartawan usai membuka kegiatan pelatihan tersebut, Sabtu (20/3/2021).

Terkait pelaksanaan pendidikan dan pendidikan Satpam Gada Pratama di masa pandemi ini, dijelaskan oleh Kombes Pol Supriyadi, dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat sebagai salasatu syarat.

Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol Supriyadi

“Kita mengijinkan dilaksanakannya kegiatan pendidikan dan pelatihan Gada Pratama ini dengan catatan penyelenggara dan peserta tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menghindari Kerumunan”, ucap Kombes Pol Supriyadi.

Lanjut katanya, karena tetap bagaimanapun juga disini terjadi kerumunan, tetapi dengan diawali penerapan protokol kesehatan, Insya Allah bisa meminimalisir penyebaran virus Corona.

“Karena para peserta sebelum mengikuti pelatihan dilakukan Swab antigen, hal itu dilakukan untuk bisa mendeteksi apakah peserta ini terpapar atau tidak oleh virus Corona”, jelasnya.

Ditambahkan Kombes Pol Supriyadi, Terkait seragam yang kini digunakan oleh Satpam yang mirip dengan seragam kepolisian, ia mengatakan, mengacu kapada Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa. yang digunakan satpam saat ini mirip seperti polisi, cuma yang membedakan kerah bajunya kalau polisi kerahnya tidur dan kalau untuk satpam kerahnya berdiri serta gradasi warna.

“Yang membedakannya yakni kerah dan gradasi warna”, pungkasnya. (Man)

Comments

comments