Awasi Limbah Industri, Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 Cimahi Tingkatkan Patroli Malam

oleh -
Awasi Limbah Industri, Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 Cimahi Tingkatkan Patroli Malam

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13/Cimahi Selatan meningkatkan kegiatan patroli sungai malam hari untuk mengantisipasi adanya aliran limbah industri.

Seperti halnya yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, anggota satgas menyusuri Sungai Cisangkan dan Sungai Cibabat.

“Sektor 21 Subsektor 13 melaksanakan patroli malam hari sungai Cisangkan untuk mengantisipasi adanya limbah industri,” kata Serka Lilik PW, Selasa (2/3/2021).

“Patroli ini sekaligus untuk melihat langsung kondisi outfall pabrik,” ujarnya.

Sungai Cisangkan sendiri menjadi media pembuangan hasil olahan limbah cair dari sejumlah industri produk tekstil, antara lain PT Nisshinbo, PT RJU, PT Longshun, dan PT SIAP. Malam itu, satgas juga memeriksa outfall milik PT How Are You di Sungai Cibabat.

Hasil patroli malam hingga dini hari tersebut, belum ditemukan perusahaan yang melanggar komitmennya, aliran air sungai dalam kondisi normal, termasuk air yang keluar dari outfall.

Dikatakan oleh Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin bahwa patroli sungai ini dilaksanakan jajarannya setiap saat.

“Kegiatan patroli malam hari sebagai bentuk kominten untuk menjaga DAS Citarum terbebas dari berbagai limbah, khususnya limbah industri. Ini dilaksanakan oleh anggota dengan waktu yang tentatif, bisa malam, subuh, atau saat hujan,” terang Dansektor 21.

Dijelaskannya lagi bahwa patroli ini rutin dilakukan untuk meminimalisir adanya industri yang tidak disiplin dalam mengelola limbah sesuai aturan.

“Ini untuk meminimalisir kemungkinan adanya industri yang tidak disiplin dalam hal membuang limbah cairnya tanpa melalui proses yang sesuai aturan,” ujar Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin.

Comments

comments