Dansektor 21 Satgas Citarum : TPS3R Dapat Mewujudkan Lingkungan yang Bersih dan Sehat, Rawatlah Dengan Baik

oleh -
Dansektor 21 Satgas Citarum : TPS3R Bisa Meningkatkan Ekonomi Warga, Rawatlah Dengan Baik
Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin (kedua dari kiri) saat meninjau progress pembangunan sarana TPS3R Citarum Harum di Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, didampingi personel Subsektor 21-16, (31/8/2021).

BANDUNG, sorotindonesia.com,- Pembangunan sarana TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle) Citarum Harum yang kini sedang berjalan khususnya di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang yang berada di wilayah tugas Sektor 21 Satgas Citarum Subsektor 15 dan Subsektor 16, mendapat perhatian dari Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin.

Dansektor 21 kerap meninjau langsung proses pembangunan sarana TPS3R sejak dari awal pekerjaan, hingga kini menjelang rampung. Disamping itu, ia pun memerintahkan jajarannya untuk turut mengawasi agar pembangunan sarana untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan tersebut berjalan dengan lancar.

“Dengan dibangunnya TPS3R, diharapkan dapat mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat. Karena permasalahan sampah yang selama ini menjadi persoalan di masyarakat, dapat terkelola dan tertangani dengan baik,” kata Dansektor 21, Kolonel Arm Nursamsudin, Kamis (2/9/2021).

Ditambahkan oleh Dansektor 21 bahwa keberadaan TPS3R ini selain dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan, juga berpotensi meningkatkan nilai ekonomi bagi warga. Oleh karena itu, Dansektor 21 berharap sarana TPS3R yang dibangun dan dikerjakan oleh kelompok swadaya masyarakat dengan anggaran yang cukup besar ini dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

“Sampah yang tidak dikelola dengan disiplin, berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan dan menjadi salasatu sumber bencana. Apabila TPS3R ini dikelola dengan baik, diharapkan juga menjadi sarana yang bisa meningkatkan ekonomi bagi warga,” tambahnya.

“Kepada masyarakat penerima manfaat, diharapkan dapat memfungsikan TPS3R ini sebagaimana mestinya dan merawatnya, sehingga fasilitas tersebut akan terjaga usia pakainya serta berdaya guna dengan baik,” pesan Dansektor 21.

Permasalahan di DAS Citarum sendiri diantaranya adalah sampah permukaan, bahkan pada tahun 2017 silam Sungai Citarum sempat menyandang sebagai salasatu sungai terkotor di dunia, sehingga diterbitkan Perpres No. 15 tahun 2018 yang mengamanatkan Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

Setelah Satgas Citarum berhasil mengangkat ribuan ton sampah di permukaan DAS Citarum, langkah yang diambil pemerintah dalam menekan pencemaran sampah yang umumnya berasal dari rumah tangga ini, antara lain dengan mengatasinya langsung di sumber. Yakni pembangunan sarana TPS3R berbasis masyarakat dan kawasan di sekitar DAS. Disamping sosialisasi membangun kebiasaan pilah dan pilih sampah.

Pada tahun 2021 ini, sarana TPS3R Citarum Harum yang dibangun di Kabupaten Sumedang berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Sukasari, di Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, serta di Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari.

Sedangkan di wilayah tugas Sektor 21 Subsektor 16, titik lokasi pembangunan sarana pembangunan TPS3R berada di Desa Bojong, Kecamatan Nagreg, di Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, di Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, di Desa Margaasih, Kecamatan Cicalengka, dan di Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka.

Wilayah tersebut merupakan kawasan hulu dari anak Sungai Citarum.

[st]

Comments

comments