Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Cari Korban Tenggelam Di Situ Cileunca Pangalengan

oleh -
Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Cari Korban Tenggelam Di Situ Cileunca Pangalengan

KAB. BANDUNG – Personil Kompi 3 Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar dibawah pimpinan AKP Sriyanto selaku Komandan Kompi 3 Batalyon A Pelopor melaksanakan pencarian korban tenggelam di wilayah Pangalengan.

Mendengar adanya korban tenggelam di Danau Situ Cileunca Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, team Siaga SAR Brimob yang dipimpin oleh Danru Aipda Topik Hadi langsung bergeser menuju titik sasaran.

Sementara itu ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si., mengungkapkan bahwa tim siaga SAR Sat Brimob Polda Jabar telah bekerja sigap dalam pencarian korban tenggelam di wilayah Pangalengan.

“Walaupun proses pencarian korban sangat sulit karena terkendala cuaca, namun mayat korban berhasil diketemukan oleh tim SAR Sat Brimob Polda Jabar, dan ini patut diacungi jempol.” ucap Ibrahim Tompo.

Adapun Korban yang tenggelam bernama Heru (15) di Danau Situ Cileunca Kp. Pulo Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Dikabarkan kejadian bermula saat korban bersama tiga orang temannya bermain di atas perahu dan kemudian terjatuh.

Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar setibanya di tempat kejadian langsung menyiapkan segala peralatan SAR, sebelum turun langsung ke lapangan, Aipda Topik Hadi memimpin apel dan memberikan pengarahan kepada personil SAR Sat Brimob Polda Jabar.

Adapun alat yang digunakan antara lain 1 Unit Truk Angkut Pasukan, 1 Unit Perahu LCR dan Mesin LCR, 1 Set Alat Selam, 10 Buah Pelampung, 1 Set Alat Komunikasi , 1 Unit Jangkar, 1 Unit Ring Boy, 1 Set webbing dan carabiner.

Dalam proses pencarian korban juga dibantu oleh pihak Polsek Pangalengan, SAR Sat Brimob Polda Jabar, Basarnas, Tagana, Relawan dan beberapa Potensi SAR Lainnya serta masyarakat sekitar, yang dipimpin Kapolsek Pangalengan Kompol Imron.

Dalam proses pencarian korban, sangat sulit dilakukan, karena terkendala cuaca hujan yang tidak menentu. Perlu diketahui bahwa Situ cileunca ini mempunyai kedalaman sekitar 15 meter dan jarak pandang penyelam terbatas hanya 1-2 meter saja, sehingga tidak mudah dalam pencarian.

Kesempatan terpisah, Komadan Kompi 3 Batalyon A Pelopor AKP Sriyanto saat di konfirmasi mengatakan, “Dalam upaya pencarian korban tenggelam, Tim SAR Kompi 3 Batalyon A Pelopor terus berupaya semaksimal mungkin, agar korban segera ditemukan,” jelasnya.

Sementara itu Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., yang dihubungi melalui telepon mengatakan, “Anggota Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar yang diterjunkan guna membantu pencarian korban yang tenggelam di danau Situ Cileunca dibantu beberapa potensi SAR lainnya terus melakukan upaya agar korban dapat ditemukan,” jelasnya.

Informasi dari warga sekitar, pukul 02:25 WIB, bahwa mayat korban telah ditemukan oleh masyarakat yang sedang melakukan pencarian menggunakan senter ditepian danau, setelah mengecek objek yang mengambang tersebut ternyata benar mayat korban tenggelam.

Warga masyarakat, SAR Sat Brimob Polda Jabar dan Potensi SAR lainnya langsung mengevakuasi ke dalam kantong jenazah kemudian dibawa langsung ke rumah duka yang berada di Kp.Pulo Sari RT 02 RW 15 Desa PuloSari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.***

Comments

comments